Hubungi

(021) 660 39 00

hanya Rp. 75,000 per bulan

BSK, Siapkan Ayah Sebagai Sosok Sentral Pendidikan Keluarga

17 Feb. 2019, 16.47.40

BSK, Siapkan Ayah Sebagai Sosok Sentral Pendidikan Keluarga

Jakarta, sentananews.com

DARI hasil Survei tanya-jawab yang dilakukan oleh Perkumpulan Bapa Segala Kehidupan (BSK), 89 persen anak muda yang bermasalah dengan penyalahgunaan narkoba dan seks bebas adalah akibat dari tiadanya sosok bapa atau ayah dalam kehidupan mereka. Degradasi moral kaum laki-laki, khususnya generasi milineal kini sangat memprihatinkan.

"Baik yang tidak punya bapa karena perceraian, tak jelas keberadaannya ataupun yang ditinggal mati dan sosok bapa yang tak memberikan teladan dan didikan yang baik," kata pendiri BSK, Dr, dr, Dwidjo Saputro, SpKJ di hadapan awak medua usai Raker BSK di hotel Mercure, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Jumat (15/2/2019) sore.

Atas dasar itulah, kata Dwijo, dirinya sebagai Ketua Pokja Keluarga GBI mendirikan BSK agar para pria, baik yang belum dan telah menikah menyadari akan peran sentral sosok bapa di tengah keluarga dan menjadi sosok yang baik.

"Jadi Perkumpulan BSK dilahirkan oleh sinode GBI. Kita lahirkan BSK agar kaum bapa paham siapa mereka, apa peran dan tanggungjawabnya, dan bagaimana menjadi bapa pemenang, bukan cuman kepada jemaat GBI tetapi kepada siapa saja yang ingin menjadi ayah yang baik" jelasnya.

Menurut Dwijo, BSK telah eksis selama lebih dari 15 tahun dan sudah melakukan kerja sama program dengan beberapa pihak sepert; BKKBN, Kemensos, Perkumpulan Wanita Muhamadiyah dan lintas sinode gereja.

"Kita menilai perlu juga memberikan pencerahan dan pengetahuan kepada kaum perempuan agar mereka tahu peran mereka sebagai pendamping dan penolong bagi suami atau ayah," tuturnya.

Sementara, Ketua BSK, Pdt, Hengky So, M.Th mengatakan ada 6 modul yang telah disusun oleh BSK sebagai panduan pembinaan kepada kaum Laki-laki sebagai misi "Kegeraman Ayah Hebat".

Keenam modul tersebut di antaranya; Siapa Diri Kita (sosok ayah), Makna Menjadi Ayah, Panggilan Menjadi Seorang Bapa, Fungsi dan Peran Sosok Bapa, Tanggungjawab Seorang Bapa dan Bapa Sang Pemenang.

"Kita (BSK) juga melakukan Training Of Trainer (TOT), Khususnya kepada Pendeta-pendeta agar mereka bisa membina kaum bapa di jemaatnya," terang Hengky So.

Menurut Hengky, hingga saat ini, BSK telah melatih 4.178 trainer di hampir seluruh Badan Pengurus Daerah (BPD) Gereja Bethel Indonesia (GBI) yang ada di Indonesia dan 1 BPD Luar Negeri.

"Ada 33 BPD GBI di Indonesia, kami bekerjasama dengan mereka untuk melakukan pelatihan kepada Pendeta-pendeta yang ada di wilayah (BPD) mereka. Namun bukan cuman kepada pendeta di sinode GBI saja, kepada gereja atau sinode lain juga," ungkapnya.

Turut hadir bersama Dwidjo dan Hengky di kesempatan itu, Penanggung Jawab Program Unlimited Godly Generatif Pdm, Antonius Sitompul, M.Th, Humas BSK Pdt, Gigi Simanjuntak, MA dan para koordinator daerah.

"Bagaimana membangun kehidupan dimulai dari bapa atau ayah. Karena figur ayah menentukan next generator memiliki pendidikan dan karakter yang baik," kata Antonius.

Adapun misi BSK yakni; "Bapa Bagi Sepanjang Kehidupan". Hal itu didasari pentingnya peran ayah, bagaimana seharusnya sosok ayah berperan dalam keluarga di setiap generasi dan jaman. (ARP)


To add comments, you should login via Twitter or Facebook

Sign in via Twitter Sign in via Facebook

No comments yet.

Kominfo Sudah Blokir 11.803 Konten Radikalisme dan Terorisme
Edukasi
SEJAK Tahun 2009 hingga 2019, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah memblokiran 11.802 konten internet ya...
Sosialisasi 4 Pilar, Sabam Sirait Ajak Warga Bela Pancasila
Edukasi
ANGGOTA Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dari perwakilan provinsi DKI Jakarta, Sabam Sirait mengajak warga d...
PT. CPFI Ajak Siswa SDN Ancol 01 Makan Telur Rebus Bersama
Edukasi
PT Charoen Pokphand Foundation Indonesia (CPFI) mengajak Siswa didik di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ancol 01, Kecamatan Pademang...
Menkominfo Ajak Pelajar Milineal Kerja Keras, Cerdas dan Ikhlas
Edukasi
SAAT memberikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Teologia Rahmat Emmanuel (STT REM), Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (13/3/2019...
Dirjen Pas KemenkumHAM Teken MoU Dengan FH-UKI
Edukasi
DI Sela-sela acara Seminar Nasional bertajuk; "Reformasi Lembaga Pemasyarakatan Sebagai Institusi Pembinaan Narapidana" di Aula...
Pusat Kajian FH-UKI Gelar Seminar Reformasi LP Sebagai Pembinaan Napi
Edukasi
DALAM rangka melakukan kajian akademik, Pusat Kajian Lembaga Pemasyarakatan (PKLP) Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia...
Membangun Pendidikan Yang Meninggikan Derajat Bangsa
Edukasi
KETUA Sinode Gereja Suara Kebenaran Injili (GSKI), Pdt, Dr, Erastus Sabdono mengatakan sebuah sekolah pendidikan, khususnya Sek...
Rehab Ringan SMPN 30 TA 2018  Diduga Bermasalah
Edukasi
REHAB ringan SMP Negeri 30, Jakarta Utara tahun anggaran 2018 yang menelan biaya sebesar Rp. 688 juta dianggap sebagian pihak b...
Miris, Siswa SDN 05 Kalibaru, Jakut Belajar Pakai Kursi Plastik Bawa Dari Rumah
Edukasi
SUNGGUH miris, para anak didik siswa SD Negeri Kalibaru, Jakarta Utara (Jakut) harus mengikuti kegiatan belajar-mengajar pakai ...