Hubungi

(021) 660 39 00

hanya Rp. 75,000 per bulan

Laporan Kinerja DPRD Kab. Bogor 2017

28 Sep. 2017, 19.25.34

Laporan Kinerja DPRD Kab. Bogor 2017

Kantor DPRD Kab, Bogor

Bogor, sentananews.com

Laporan kinerja DPRD Kabupaten Bogor periode Mei sampai dengan Agustus 2017, yaitu sebagai berikut, dengan berakhirnya masa persidangan kedua, tahun 2017 yang dimulai dari Mei sampai dengan Agustus 2017, berdasarkan Tata Tertib (Tatib) DPRD Kabupaten Bogor nomor 1 tahun 2014, yang telah diubah dengan peraturan DPRD nomor 1 tahun 2015, tentang perubahan Tatib DPRD Kabupaten Bogor, pimpinan DPRD masa persidangan tahun 2017 dalam rapat paripurna.

Sebagai tindak lanjut dari program dan kegiatan DPRD, pimpinan DPRD menindaklanjuti dengan beberapa kebijakan, antara lain berupa keputusan DPRD, keputusan Pimpinan DPRD dan rekomendasi.

Menurut Sekretaris Dewan (Sekwan), Nuradi, dengan dasar hukum UU nomor 9 tahun 2015, tentang perubahan kedua atas UU nomor 23 tahun 2014, tentang pemerintahan daerah. UU nomor 17 tahun 2014, tentang Mejelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Adapun, peraturan pemerintah nomor 24 tahun 2004, tentang kedudukan protokoler dan keuangan pimpinan dan anggota DPRD, sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah nomor 21 tahun 2007, tentang perubahan ketiga atas peraturan pemerintah nomor 24 tahun 2004 tentang kedudukan protokoler dan keuangan pimpinan dan anggota dewan perwakilan rakyat daerah.

"Jadi peraturan daerah Kabupaten Bogor nomor 2 tahun 2007 tentang kedudukan protokoler dan keuangan pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bogor, sebagaimanatelah diubah dengan peraturan daerah Kabupaten Bogor nomor 6 tahun 2007, tentang peribahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Bogor nomor 2 tahun 2007, tentang kedudukan protokoler dan keuangan pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bogor," kata Nuradi kepada Harian Sentana, Kamis (28/9/2017).

Ia menambahkan, maksud dan tujuannya sendiri untuk menyampaikan laporan kinerja pimpinan DPRD Kabupaten Bogor selama masa persidangan kedua tahun 2017, sebagai realisasi pencapaian dari program dan kegiatan DPRD tahun 2017. Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh DPRD Kabupaten Bogor pada bulan Mei sampai dengan Agustus 2017 adalah sebagai berikut.

Laporan kinerja pimpinan DPRD merupakan rangkaian pelaksanaan fungsi legislasi, fungsi pengawasan yang dilakukan oleh alat kelengkapan DPRD dalam bentuk kegiatan rapat-rapat, kunjungan kerja dan kegiatan lainnya. Selama masa persidangan kedua tahun 2017, kegiatan yang telah dilaksanaka oleh DPRD kabupaten Bogor adalah sebagai berikut, pelaksanaan fungsi DPRD, yaitu pelaksanaan fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan yang meliputi bidang pemerintahan dan hukum, ekonomi dan keuangan, pembangunan dan lingkungan hidup, kesejahteraan masyarakat serta aspirasi masyarakat sebagi berikut.

"Pelaksanaa fungsi legislasi DPRD diwujudkan dalam membentuk peraturan daerah bersama dengan Bupati, pada masa persidangan kedua tahun 2017, DPRD kabupaten Bogor melalui Badan Anggaran (Banggar) bersama eksekutif telah melaksanakan pembahasan rancangan peraturan daerah sebanyaj 2 (dua) peraturan yaitu tentang persetujuan bersama DPRD Kabupaten Bogor dan Bupati Bogor terhadap rancangan perda Kabupaten Bogor, tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2016. Serta persetujuan bersama DPRD Kabupaten Bogor dan Bupati Bogor terhadap rancangan perda Kabupaten Bogor tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan anggora DPRD," ucapnya.

Lebih lanjut Nurradi mengungkapkan, pelaksanaan fungsi anggaran DPRD Kabupaten Bogor melalui badan anggaran telah melaksanakan kegiatan yaitu, penyampaian Dokumen KUA-PPAS tahun anggaran 2018, dan penyampaian Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2016. Rapat kerja badan anggaran DPRD Kabupaten Bogor dengan TPAD dan OPD membahas LKPJ Bupati Bogor tahun anggaran 2016. Adapula, pelaksanaan fungsi pengawasan DPRD Kabupaten Bogor diwujudkan dalam mengawasi pelaksanaan peraturan daerah dan APBD. Jika di komisi I membidangi bidang pemerintahan dan hukum, telah melaksanakan dapat dan kunjungan kerja. Di komisi II, membidangi bidang ekonomi dan keuangan, telah melaksanakan rapat dan kunjungan kerja, komisi III membidangi bidang pembangunan dan lingkungan hidup, telah melaksanakan rapat dan kunjungan kerja, dan terakhir di Komisi IV membidangi bidang kesejahteraan rakyat, telah melaksanakan rapat dan kunjungan kerja.

"Serta Pelaksanaan kegiatan di badan Kehormatan DPRD Kabupaten Bogor, telah melaksanakan rapat dan kunjungan kerja, pelaksanaan kegiatan badan pembentukan Peraturan Daerah DPRD Kabupaten Bogor, telah melaksanakan rapat dan kunjungan kerja," imbuh Nuradi.

Selain itu, sambung dia, kegiatan rapat-rapat alat kelengkapan DPRD pertama rapat paripurna dengan penyampaian dokumen KUA-PPAS tahun anggaran 2018, dan penyampaian Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD. Kedua, penyampaian Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Bogor tahun Anggaran 2016, ketiga penetapan peraturan DPRD Kabupaten Bogor tentang tata beracara badan kehormatan DPRD Kabupaten Bogor penetapan keputusan DPRD kabupaten Bogor, tentang persetujuan tukar menukar tanah dan bangunan eks. Kantor Kelurahan Puspanegara, dengan tanah dan bangunan. Herman Bratawidjaya;. Penetapan persetujuan bersama antara DPRD Kabupaten Bogor dengan kepala daerah terhadap Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2016; penyampaian Raperda Kab Bogor tentang Hak Keuangan fan administratif pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bogor.

"Penetapan persetujuan bersama DPRD Kab Bogor dengan kepala daerah terhadap rancangan Perda Kabupaten Bogor, tentang hak dan keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bogor menjadi Perda Kab Bogor. Serta mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka HUT RI ke-72 tahun 2017. Dan penyampaian nota keuangan dan rancangan pwrubahan APBD T.A 2017," tutur Nuradi.

Lanjut ia mengemukakan, rapat pimpinan DPRD digelar sebanyak 2 kali, rapat Badan Musyawarah 11 kali, rapat badan anggaran 13 kali, rapat badan kehormatan DPRD 3 kali, rapat kerja komisi-komisi 10 kali. Adapun rapat kerja komisi I 8 kali, rapat komisi II 11 kali, rapat komisi III 13 kali, rapat komisi IV 15 kali, rapat panitia khusus (Pansus) 5 kali, dan rapat gabungan komisi sebanyak 4 kali. Kegiatan lainnya, kesatu penerimaan study banding/kunker 118 kali, penerimaan audiensi 2 kali, pelaksanaan reses masa persidangan kedua 6 kali, serta reses masa sidang kedua dari tanggal 29 sampai dengan 31 Agustus 2017 ada 50 orang.

"Dari itu semua, ada bimbingan teknis peningkatan kemampuan dan kapasitas bagi anggora DPRD dalam rangka meningkatkan kompetensi DPRD kabupaten Bogor untuk peningkatan produktivitas dan kerjasama dalam menjalankan kewenangan, tugas dan fungsi lembaga DPRD dilakukan melalui kegiatan workshop bagi pimpinan dan anggora DPRD Kabupaten Bogor," katanya.

Terakhir, surat rekomendasi DPRD dalam mengoptimalkan fungsi DPRD, untuk setiap permasalahan yang timbul, baik yang berkaitan dengan kebijakan DPRD telah disampaikan surat rekomendasi DPRD kepada Bupati Bogor, antara lain sebagai berikut. "Surat rekomendasi DPRD yaitu perihal rekomendasi untuk komisi I tentang penyelesaian lahan No: 170/112-DPRD Tanggal 14 April 2017 lalu," tutupnya.

Penulis: Anwar

Editor: Pangihutan Simatupang



To add comments, you should login via Twitter or Facebook

Sign in via Twitter Sign in via Facebook

No comments yet.

Wajah Baru ATR/BPN Kab. Bogor
Daerah
Bogor, SENTANA GUNA memberikan pelayanan secara optimal kepada masyarakat, agar lebih nyaman, Kantor Agraria dan Tata Ruang dan...
Dinas PUPR Siap Tindaklanjuti Perintah Bupati Bogor
Daerah
Kepala UPT wilayah III Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Bogor Asman Dilla mengatakan, pihaknya akan menindak lanjuti per...
Sekda Kab.Bogor Tinjau Pembangunan Jalan Pasir Ipis - Garehong
Daerah
Bogor, Sentananews.comSekretaris Daerah Kabupaten Bogor Adang Suptandar meninjau langsung proyek pembangunan Jalan Pasir Ipis-G...
Polda Jambi Sita 43 Kg Ganja Asal Aceh
Daerah
Anggota tim Opsnal Subddit lll Ditresnarkoba Polda Jambi menyita 43 kilogram ganja kering yang dikirim dari Aceh dengan tujuan ...
Penyelundupan Sabu 3 Kg Digagalkan di Adisutjipto
Daerah
Otoritas keamanan Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu seberat tota...
YLKI Minta Masyarakat Waspadai Ikan Patin Impor
Daerah
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumatera Utara minta kepada masyarakat agar mewaspadai peredaran ikan patin atau "fil...
Polres Bogor  Ringkus Spesialis Curat Rumah Kosong
Daerah
Bogor, sentananews Lagi, spesialis kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) spesialis rumah kosong pembobol rumah berhasil di...
Ribuan Pelajar Bogor Sambut Emir Qatar
Daerah
Sekitar 7.200 pelajar dari sejumlah sekolah di Kota Bogor, Jawa Barat menyambut kedatangan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al...
 PT. RIS Ciptakan Lapangan Kerja Untuk Warga Sekitar
Daerah
Di tengah sulitnya lapangan pekerjaan, PT.Rajawali Intitama Sentosa atau yang lebih dikenal dengan PT RIS, tampil dengan terobo...