Hubungi

(021) 660 39 00

hanya Rp. 75,000 per bulan

​Pelayanan PDAM Tirta Bhagasasi Dikeluhkan Warga

30 Juli 2018, 10.56.09

​Pelayanan PDAM Tirta Bhagasasi Dikeluhkan Warga

Bekasi, sentananews.com

Warga di Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi mengeluhkan pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi yang dianggap tidak bisa memenuhi ekspektasi masyarakat. Selain kualitas air yang buruk, aliran air ke sejumlah wilayah sering mati tanpa penjelasan terlebih dahulu kepada pelanggan.

Seperti ditemui di kawasan perumahan Segara City Tarumajaya Bekasi. Komplek perumahan elit yang dibangun oleh pengembang Damai Putra Group ini disebut-sebut oleh warganya sejak awal selalu bermasalah dengan urusan air bersih. Selain debit aliran yang kecil dan sering mati, kualitas air yang keruh dan berbau karat juga dikeluhkan oleh warga.

"Air PDAM ga jelas. ngalir mati ngalir mati skali nya ngalir tekanan kecil dan kuning kotor bau. Saya punya anak kecil kembar usia 9 bulan. Sudah 3 hari ini mandi pakai air isi ulang galon yang bersih untuk menghindari penyakit," ujar Wahyudi, karyawan swasta yang baru dua bulan tinggal di perumahan Segara City kepada wartawan, Senin (30/7).

Senada dengan Wahyudi, kualitas layanan PDAM yang buruk juga dialami oleh Santo, warga Cluster Descada Perumahan Segara City yang sudah sejak 2017 tinggal di sana.

Menurutnya, akibat dari buruknya kualitas air dan debit aliran yang kecil, dirinya sering terpaksa harus merogoh kocek dalam untuk membeli air minum isi ulang, walau hanya untuk kebutuhan MCK saja.

"Air sering mati, khususnya pada siang hari. Terkadang kalaupun keluar, airnya kecil. Beberapa kali air yang keluar berwarna hitam dan berbau dan kotor. Kerugian yang ditimbulkan, aktivitas terganggu karena tidak ada air untuk MCK," ujarnya kepada wartawan.

"Air kotor yang diterima tetap harus dibayar karena meteran jalan, sementara air tidak dapat digunakan," imbuh Santo.

Sementara itu, Sigit Nugroho, Ketua Forum Komunikasi Warga Descada Perumahan Segara City membenarkan peristiwa atau keluhan yang disampaikan oleh warga masalah air PDAM Tirta Bhagasasi tersebut.

Menurut dia, sebagai pimpinan komunitas warga, dirinya sudah sering menyampaikan keluhan yang dialami warga tersebut, baik ke pihak pengembang maupun langsung ke PDAM Tirta Bhagasasi. Ia mengungkapkan, pangkal masalah memang di pihak PDAM yang mengaku tengah melakukan perbaikan.

"Ketika saya lapor ke PDAM, petugas jaga memberikan alasan bahwa mereka sedang melakukan evaluasi terhadap masalah air. Menurut petugas jaga, ada sebagian wilayah yang sudah berbulan-bulan tidak kebagian air bersih, sedang dicarikan masalahnya. Namun ketika saya tanya, sampai kapan evaluasi berlangsung, petugas itu tidak mau menyebutkan," beber Sigit.

Di lain pihak, petugas Mechanical Electrical (ME) perumahan Segara City, Nanang saat dikonfirmasi membenarkan bahwa kondisi air PDAM banyak dikeluhkan oleh warga.

Pihaknya mengaku sudah sering berkoordinasi dengan pihak PDAM Tirta Bhagasasi dan menyampaikan keluhan warga, namun hingga saat ini kondisi tidak mengenakkan itu masih saja sering terjadi.

Dia menyayangkan tidak adanya sosialisasi oleh PDAM kepada pelanggan ketika akan melakukan perbaikan transmisi yang mengganggu aliran air bersih ke warga atau pelanggan.

"Ketika ada perbaikan, kadang kami yang harus proaktif memberikan informasi terkait kepada konsumen (warga). Sudah beberapa kali kami minta untuk sosialisasi kepada warga bila ada perbaikan apapun yang dilakukan sehingga warga dapat mengantisipasi nya," kata Nanang.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, pihak PDAM Tirta Bhagasasi belum bisa dikomfirmasi terkait kondisi yang dikeluhkan oleh pelanggan tersebut, sementara kondisi aliran air di perumahan Segara City sendiri masih bermasalah serta tidak normal.

Editor: Syarief


To add comments, you should login via Twitter or Facebook

Sign in via Twitter Sign in via Facebook

No comments yet.

Semifinal Sepakbola PORDA Jabar, Tuan Rumah Buta Kekuatan Lawan
Daerah
PELATIH tim sepakbola Kabupaten Bogor Iskandar mengaku buta akan peta kekuatan calon lawannya di semifinal PORDA XIII/2018 yakn...
Pebalap Kabupaten Bogor Raih Tiga Emas PORDA Jabar Lagi
Daerah
SATU lagi Pembalap sepeda andalan Kabupaten Bogor Yanthi Puchianty di ajang PORDA XIII/2018 Jawa Barat masih belum terbendung m...
Atraksi di Udara, 31 Penerjun Dunia Semarakan Deklarasi World Tourism Park di Bali
Daerah
Bali, sentananews.comMeski tanpa kehadiran Presiden Jokowi yang direncanakan untuk membuka deklarasi World Toursm Park di Bali,...
Reuni Perak Libels’93, Bersatu Untuk Maju Bersama
Daerah
HAMPIR setiap sekolah memiliki wadah alumni. Umumnya, kumpulan para alumni sekolah ada untuk menjaga tali silaturahmi persahaba...
​Nurhayanti Inginkan Porda Jabar Lahirkan Atlet Tangguh
Daerah
Pembukaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII Jawa Barat, PB Porda XIII menyelenggarakan Gala Dinner di Hotel Lor in Sentul, Bab...
​Gunakan Jaket Ojek Online, Begal Santronin Rumah Warga
Daerah
Berbagai Modus dilakukan para begal untuk memuluskan aksinya dalam mencuri. Seperti halnya pencurian kendaraan bermotor (Ranmor...
SDN 3 Nanggewer Optimis Hasil Akriditasi Memuaskan
Daerah
Dalam rangka menghadapi persiapan akriditasi dari Tim penilai, Asebsor SDN 3 Nanggewer dan seluruh Dewan Guru serta Komite dan ...
​Bupati Paparkan Persiapan Final Porda XIII Jabar 2018
Daerah
Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat Tahun 2018 yang dilaksanakan di Kabupaten Bogor tinggal menghitung hari. Berbagai pers...
​Bupati Bogor Teken APBD Perubahan 2018
Daerah
Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor yang mengagendakan penetapan persetujuan bersama D...