Hubungi

(021) 660 39 00

hanya Rp. 75,000 per bulan

​Kemenpan: H+3 Lebaran Harga Bahan Pangan Turun

18 Juni 2018, 22.49.46

​Kemenpan: H+3 Lebaran Harga Bahan Pangan Turun

Jakarta, sentananews.com

Pasokan dan harga pangan pokok selama Ramadan hingga Lebaran, bahkan pascalebaran Idulfitri dapat dijaga aman dan stabil.

Hasil pantauan harga bahan pangan pokok hingga H+3 Lebaran, menunjukkan fakta bahwa harga stabil.

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Kementerian Pertanian Riwantoro mengungkapkan, di Ibukota, harga hampir semua jenis beras cenderung turun.

"Penurunan harga cukup signifikan dialami Minyak Goreng Kuning/Curah, Cabai Merah Keriting, Cabai Merah Besar, Bawang Putih, Gula Pasir, Tepung Terigu, hingga Kentang. Sementara Daging Sapi baik Sapi Has maupun Sapi Murni turun 3 ribu rupiah lebih per kilogramnya. Harga ini berdasarkan pantauan pada sejumlah pasar di 5 wilayah DKI Jakarta," kata Riwantoro di Jakarta, Senin (18/6).

Ia menyebutkan, bukan hanya di Ibukota, harga stabil juga terjadi di sejumlah pasar di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pada Minggu (17/6), hampir semua bahan pangan di Pasar Karang Ploso Kabupaten Malang, Jawa Timur stabil bahkan turun.

Penurunan harga paling banyak dialami bawang merah mencapai Rp 6.000 per kg. Harga pangan relatif stabil dibanding pekan sebelumnya, dan pasokan pangan cukup aman.

"Begitu pula pantauan pasokan dan harga eceran di Pasar Induk Kartosuro-Sukoharjo Propinsi Jawa Tengah. Sebagian besar harga pangan setelah Lebaran cenderung turun dibanding sebelum lebaran. Sebagian lainnya stabil," ungkapnya.

Penurunan harga terbesar terjadi pada Cabai Merah Keriting dari Rp 40.000 per kg menjadi Rp 35.000 per kg. Daging ayam yang semula Rp 50.000 per kg menjadi Rp 46.000 per kg.

Di Pasar Dawe Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah, hasil pantauan pada hari ini dibanding sepekan lalu secara keseluruhan, harga pangan tetap cenderung turun.

"Penurunan harga Cabai Merah dan Cabai Merah Rawi menjadi Rp 25.000 per kilogram dibanding 3 hari lalu, juga terjadi di Pasar Salaman, Kabupaten Malang, Proponsi Jawa Timur," ucap Riwantoro.

Selain Cabai, sambungnya, komoditas pangan yang turun harga juga yakni Daging Sapi, turun menjadi Rp 135.000 per kg dari 3 hari lalu Rp 150.000 per kg.

Tepung Terigu turun Rp 500 per kg menjadi Rp 7.000 per kg. Pantauan pasokan dan harga eceran bahan pangan hari ini juga dilakukan di Pasar Induk Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

"Secara keseluruhan, Harga pangan relatif stabil cenderung turun. Telur Ayam Ras turun Rp 500 per kg. Pasokan juga relatif stabil antara 1 hingga 12,5 ton per hari untuk berbagai komoditi," pungkasnya.

Sementara Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Direktorat Hortikultura, Kementerian Pertanian (Kementan), Yasid Taufik menjelaskan harga bahan pangan yang stabil bahkan cenderung turun pasca Lebaran Idul Fitri ini terjadi karena pasokan dari produsen/petani relatif aman.

Menurut dia, pasokan bahan pangan dipastikan terpantau aman, dan harga eceran di pasar juga stabil. Baik sebelum dan sesudah Idul Fitri. "Harga pada 18 Jun tetap normal jika dibanding harga pada beberapa hari sebelum Lebaran," kata Yasid di Jakarta, Senin (18/6).

Editor: Syarief Lussy


To add comments, you should login via Twitter or Facebook

Sign in via Twitter Sign in via Facebook

No comments yet.

​AQUA Japan Optimis Capai Target Market Tahun 2018
Ekonomi
AQUA Japan Optimis dapat mencapai target market sebesar 32 % tahun 2018 ini. Pasalnya AQUA telah menyiapkan beragam pengembanga...
​PT PEP Cepu Field Jaga Kestabilan Pasokan Gas ke PLTGU Tambak Lorok
Ekonomi
PT Pertamina EP anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang bergerak di sektor hulu migas dan selaku kontraktor kontrak kerjasa...
Akuntabilitas Pembangunan Infrastruktur Dukung Pembangunan Berkualitas
Ekonomi
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan akuntabilitas pengadaan barang dan jasa (PBJ) agar pe...
​Kementerian PUPR Rehabilitasi Jembatan Ampera Palembang
Ekonomi
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan rehabilitasi Jembatan Ampera sebagai bagian penanganan berkala...
Pertagas Diakuisisi, Kedaulatan Energi Nasional Terancam
Ekonomi
Ketua Umum Serikat Pekerja Pertamina Geothermal Energy (SPPGE), Bagus Bramantio menegaskan, bahwa pihaknya menolak akuisisi Per...
Tolak Akuisisi Pertagas, SP PEP Siap Ikut Aksi Damai
Ekonomi
Serikat Pekerja Pertamina EP (SP PEP) akan ikut bergabung dengan Serikat Pekerja anak usaha Pertanina lainnyalainnya yang terga...
Pesan Menteri Basuki Kepada Generasi Muda PUPR
Ekonomi
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menaruh perhatian besar terhadap pembentukan karakter par...
​Menteri Rini Tinjau Bantuan Sumbangan Listrik di Serang
Ekonomi
PT PLN (Persero) bersinergi dengan PT Angkasa Pura II (Persero) memberikan bantuan penyambungan listrik kepada 2.600 rumah tang...
​Pembangunan Tol Sumatera Sebagai Tulang Punggung Pengembangan Wilayah
Ekonomi
PEMERINTAH terus melanjutkan pembangunan jalan tol di Pulau Sumatera. Kehadiran jalan tol bertujuan mempercepat mobilitas baran...