Hubungi

(021) 660 39 00

hanya Rp. 75,000 per bulan

​Kemenpan: H+3 Lebaran Harga Bahan Pangan Turun

18 Juni 2018, 22.49.46

​Kemenpan: H+3 Lebaran Harga Bahan Pangan Turun

Jakarta, sentananews.com

Pasokan dan harga pangan pokok selama Ramadan hingga Lebaran, bahkan pascalebaran Idulfitri dapat dijaga aman dan stabil.

Hasil pantauan harga bahan pangan pokok hingga H+3 Lebaran, menunjukkan fakta bahwa harga stabil.

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Kementerian Pertanian Riwantoro mengungkapkan, di Ibukota, harga hampir semua jenis beras cenderung turun.

"Penurunan harga cukup signifikan dialami Minyak Goreng Kuning/Curah, Cabai Merah Keriting, Cabai Merah Besar, Bawang Putih, Gula Pasir, Tepung Terigu, hingga Kentang. Sementara Daging Sapi baik Sapi Has maupun Sapi Murni turun 3 ribu rupiah lebih per kilogramnya. Harga ini berdasarkan pantauan pada sejumlah pasar di 5 wilayah DKI Jakarta," kata Riwantoro di Jakarta, Senin (18/6).

Ia menyebutkan, bukan hanya di Ibukota, harga stabil juga terjadi di sejumlah pasar di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pada Minggu (17/6), hampir semua bahan pangan di Pasar Karang Ploso Kabupaten Malang, Jawa Timur stabil bahkan turun.

Penurunan harga paling banyak dialami bawang merah mencapai Rp 6.000 per kg. Harga pangan relatif stabil dibanding pekan sebelumnya, dan pasokan pangan cukup aman.

"Begitu pula pantauan pasokan dan harga eceran di Pasar Induk Kartosuro-Sukoharjo Propinsi Jawa Tengah. Sebagian besar harga pangan setelah Lebaran cenderung turun dibanding sebelum lebaran. Sebagian lainnya stabil," ungkapnya.

Penurunan harga terbesar terjadi pada Cabai Merah Keriting dari Rp 40.000 per kg menjadi Rp 35.000 per kg. Daging ayam yang semula Rp 50.000 per kg menjadi Rp 46.000 per kg.

Di Pasar Dawe Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah, hasil pantauan pada hari ini dibanding sepekan lalu secara keseluruhan, harga pangan tetap cenderung turun.

"Penurunan harga Cabai Merah dan Cabai Merah Rawi menjadi Rp 25.000 per kilogram dibanding 3 hari lalu, juga terjadi di Pasar Salaman, Kabupaten Malang, Proponsi Jawa Timur," ucap Riwantoro.

Selain Cabai, sambungnya, komoditas pangan yang turun harga juga yakni Daging Sapi, turun menjadi Rp 135.000 per kg dari 3 hari lalu Rp 150.000 per kg.

Tepung Terigu turun Rp 500 per kg menjadi Rp 7.000 per kg. Pantauan pasokan dan harga eceran bahan pangan hari ini juga dilakukan di Pasar Induk Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

"Secara keseluruhan, Harga pangan relatif stabil cenderung turun. Telur Ayam Ras turun Rp 500 per kg. Pasokan juga relatif stabil antara 1 hingga 12,5 ton per hari untuk berbagai komoditi," pungkasnya.

Sementara Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Direktorat Hortikultura, Kementerian Pertanian (Kementan), Yasid Taufik menjelaskan harga bahan pangan yang stabil bahkan cenderung turun pasca Lebaran Idul Fitri ini terjadi karena pasokan dari produsen/petani relatif aman.

Menurut dia, pasokan bahan pangan dipastikan terpantau aman, dan harga eceran di pasar juga stabil. Baik sebelum dan sesudah Idul Fitri. "Harga pada 18 Jun tetap normal jika dibanding harga pada beberapa hari sebelum Lebaran," kata Yasid di Jakarta, Senin (18/6).

Editor: Syarief Lussy


To add comments, you should login via Twitter or Facebook

Sign in via Twitter Sign in via Facebook

No comments yet.

KPUPR dan KADIN Promosi Peluang Investasi ke Pengusaha Spanyol
Ekonomi
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berada di Madrid, Spanyol dalam rangka Business Indonesia...
Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai Diresmikan, Urai Simpul Kemacetan
Ekonomi
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meresmikan Underpass Simpang Tugu Ngurah Rai di Kabupaten Badung,...
​Kontrak Wilayah Kerja Berakhir, Pekerja Terancam PHK Massal
Ekonomi
Kontrak wilayah kerja perusahaan minyak dan gas bumi EMP Malacca Straits SA (EMP MSSA) akan berakhir pada Agustus 2020 nanti.Me...
​Pertamina RU VI Balongan Standardkan HSSE Demo Room
Ekonomi
Guna meningkatkan aspek HSSE (Health Safety, Security, & Environment), Pertamina RU VI Balongan melaksanakan Go Live HSSE D...
​Harga Batu Bara Naik Dorong Realisasi PNBP
Ekonomi
Hingga akhir Agustus 2018, realisasi penerimaan negara bukan pajak (PNBP) mencapai Rp 240,29 triliun atau mencapai 87,24% dari ...
Pendanaan SBSN Untuk Peningkatan Layanan Jalan Nasional
Ekonomi
Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk Negara menjadi inovasi pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur. Pembiayaan S...
RI-Spanyol Tingkatkan Kerjasama Teknologi Keselamatan Jalan dan Jembatan
Ekonomi
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berada di Madrid, Spanyol dalam rangka Business Indonesia...
Nelayan Sulsel dan Sumut Terima Konverter Kit LPG
Ekonomi
PT Pertamina (Persero) menyalurkan paket perdana konverter kit LPG untuk nelayan di Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara secara ...
​Pertamina Bagi Voucher Pertalite Untuk Pemasang MyPertamina
Ekonomi
PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Regional (MOR) I hari ini (21/9) bagi-bagi voucher gratis Pertalite untuk konsumen y...