Hubungi

(021) 660 39 00

hanya Rp. 75,000 per bulan

​Pemerintah Targetkan 4000 Sambungan Listrik di Kab.Bekasi

30 Jan. 2019, 23.08.50

​Pemerintah Targetkan 4000 Sambungan Listrik di Kab.Bekasi

Jakarta, sentananews.com

Pemerintah menargetkan bisa memasang 4.000 sambungan listrik di Kabupaten Bekasi, dari 309 yang tersambung saat ini.

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau pelaksanaan Program Penyambungan Listrik Gratis, di Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (30/1/2019).

Menurut Presiden, program ini tepat sasaran sebagaimana terlihat dari rumah penerima bisa penerima sambungan listrik gratis. "Tepat sasaran. Ini kalau sambungan-sambungan listrik semuanya sudah diberikan seperti ini, saya kira masyarakat lebih produktif. Anak-anak kita juga kalau malam hari bisa belajar dengan tenang," kata Presiden seperti dikutip laman resmi Setkab, di Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Presiden menambahkan, terkait pelaksanaan program penyambungan listrik tersebut, ia mengakui jika saat ini program tersebut baru berkonsentrasi di Jawa Barat. Namun Presiden memastikan, bahwa program tersebut akan bergerak, menggeser ke Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim).

Program Penyambungan Listrik Gratis itu, menurut Presiden, sudah dilaksanakan sejak tahun lalu, karena pemerintah melihat banyak yang membutuhkan. "Bisa membayar bulanannya, tapi untuk sambungan yang satu juta lebih itu nggak bisa, nggak kuat bayar sehingga mereka nggak memiliki sambungan langsung, meteran langsung," tandasnya.

Sambungan listrik gratis merupakan program sinergi BUMN yang berkelanjutan dan telah dilakukan sejak pertengahan tahun 2018. Sinergi dari 34 BUMN ini telah berhasil memberikan sambungan listrik gratis untuk 100.970 rumah warga di Jawa Barat.

Untuk 2019 sambungan listrik gratis juga dilakukan di bekasi. Dimulai sejak pertengahan januari, PT PLN (Persero) bersama enam BUMN Karya telah berhasil merealisasikan sebanyak 317 sambungan listrik gratis di Kabupaten dan Kota Kabupaten.

Berdasarkan data PLN Kabupaten/Kota Bekasi terdapat sekitar 11.000 Kepala Keluarga (KK) belum mendapatkan fasilitas sambungan listrik secara langsung dari PLN. Targetnya sambungan listrik gratis tersebut dapat selesai pada Maret 2019.

309 Rumah

Sementara itu senyum mengembang di wajah Saiful, setelah sekian lama dirinya hanya bisa menyantol atau sambung listrik tetangga, kini dirinya bisa memiliki sambungan listrik sendiri.

"Saya senang sekali akhirnya bisa punya listrik sendiri, sudah tidak nyantol lagi dan tidak takut jeglek, sekarang sudah tidak was-was lagi pake peralatan elektronik," ungkap Saiful usai mendapatkan bantuan listrik gratis pemerintah melalui program Sinergi BUMN.

Saiful adalah satu dari 309 warga di kabupaten Bekasi yang mendapatkan bantuan sambung listrik gratis dari sinergi BUMN yang diinisiasi oleh 34 BUMN.

Untuk saat ini ratio elektrifikasi Kabupaten Bekasi sudah mencapai hampir 100% tapi masih ada 11.000 kepala keluarga memperoleh listriknya dari rumah tetangga (nyantol/levering). Karena mereka tidak mampu membayarkan biaya penyambungan listrik sebesar 1 juta rupiah.

"Untuk itu melalui program Pemerintah ini kami harapkan bisa membantu warga yang sebelumnya nyantol sehingga bisa mendapatkan sambungan listrik secara langsung," ungkap Direktur PLN Sofyan Basir.

Pemasangan listrik gratis ini tentunya meringankan warga yang sebelumnya ketika masih nyantol mereka harus membayar 40 ribu – 50 ribu untuk 3 bola lampu saja, tapi sekarang dengan pasang listrik sendiri warga cukup membayar 20 ribu – 30 ribu untuk lampu dan peralatan listrik lainnya tanpa takut jeglek (putus listrik)

Program ini merupakan program nasional seluruh Indonesia. Di wilayah jawa Barat sudah tersambung 105.000 rumah. Dari target 235.000 ribu rumah.Secara nasional sebanyak 1.2 juta kepala keluarga akan memperoleh sambungan listrik gratis secara bertahap.

Editor: Syarif Lussy


To add comments, you should login via Twitter or Facebook

Sign in via Twitter Sign in via Facebook

No comments yet.

​Pasca Penetapan Hasil Pemilu 2019, PLN Siaga Kelistrikan
Ekonomi
Pasca penetapan hasil Pemilu 2019 oleh KPU RI, PT PLN (Persero) memperkuat pengamanan pasokan listrik ke lokasi pantauan utama ...
PLN Listriki Lima Desa di Halmahera Selatan
Ekonomi
PT PLN (Persero) terus berupaya untuk meningkatkan Rasio Elektrifikasi di Maluku dan Maluku Utara. Upaya ini dilakukan dengan t...
​Muliakan Dhuafa, PLN Berbagi 15.000 Paket Sembako
Ekonomi
PT PLN (Persero) kembali berbagi kebahagiaan memuliakan kaum dhuafa di bulan suci nan berkah dengan memberikan 15.000 paket sem...
​YBM PLN Salurkan Bantuan 3000 Paket di Sulbagut
Ekonomi
Jakarta, SENTANAPT PLN Regional Sulawesi melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) pada hari ke 15 Ramdhan 1440 Hijriah menyalurkan dan...
Menaker Resmikan ​Posko Pengaduan THR 2019
Ekonomi
Dalam rangka memberikan pelayanan konsultasi pembayaran Tunjangan Hari Kerja (THR) dan menindaklanjuti pengaduan keterlambatan ...
​PLN Groundbreaking Pembangunan Listrik Pedesaan se-Kalimantan Barat
Ekonomi
PT PLN (Persero) melakukan groundbreaking atau penancapan tiang pertama sebagai simbol dimulainya pembangunan Program Listrik D...
Listrik untuk Jakarta Fair Gunakan Power Bank 2500 kVA
Ekonomi
PT PLN Unit Induk Distribusi (UIJ) Jakarta Raya akan menggunakan Power Bank dengan total daya yang disiapkan yaitu 2500 kVA unt...
​Meraup Untung dengan Susu Kambing RBM
Ekonomi
Nutrisi susu kambing etawa lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Manfaatnya pun jauh lebih besar dibandingkan susu sapi. Itulah ...
​Pertamina Modernisasi Kilang Teknologi Tinggi
Ekonomi
PT Pertamina (Persero) akan terus memperkuat penerapan Health Safety Security Environment (HSSE) yang ketat pada seluruh sarana...