Hubungi

(021) 660 39 00

hanya Rp. 75,000 per bulan

Pengungsi Sinabung Dapat Token Listrik Gratis

9 April 2018, 21.11.17

Pengungsi Sinabung Dapat Token Listrik Gratis

Jakarta, sentananews.com

PT PLN (persero) memberikan bantuan bina lingkungan dalam bentuk token listrik gratis selama satu tahun untuk 286 hunian sementara (Huntara) pengungsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo senilai Rp 279 juta.

"Selain token listrik gratis, PLN juga memberikan bibit tanaman, yaitu bibit tomat dan cabai serta pupuk organik senilai Rp 220 juta," kata Direktur Human Capital Management PLN Muhamad Ali saat penyerahan bantuan tersebut di Kantor Bupati Karo, Sumatera Utara, Senin (9/4).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi, Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Wiluyo Kusdwiharto, General Manager PLN se-Sumatera, dan Bupati Karo Terkelin Brahmana.

Seperti yang diketahui, Gunung Sinabung mengalami erupsi terbesar pada 19 Februari 2018 lalu sehingga mengakibatkan dampak kerusakan pada lingkungan sekitar Gunung Sinabung.

Erupsi tersebut mengubah status Gunung Sinabung menjadi level IV (empat) atau 'awas'. Insiden tersebut mengakibatkan banyak tempat tinggal yang dikosongkan warga untuk mengungsi, serta banyak lahan warga yang rusak.

Lahan ini merupakan lahan pertanian yang menjadi sumber pencaharian utama warga sehingga berdampak pada perekonomian warga di sekitar Gunung Sinabung.

"Menyikapi hal tersebut, PLN Peduli (CSR PLN) dalam hal ini hadir untuk membangun perekonomian masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Sinabung dengan memberikan bantuan berupa token listrik gratis yang diharapkan dapat mendukung kegiatan ekonomi dan membantu pengungsi penghuni (Huntara) untuk memulai menata perekonomian keluarga kembali sehingga memperkecil kesenjangan antara penghasilan dan standar kebutuhan hidup yang layak pasca erupsi," ujar Muhamad Ali sebagaimana keterangan pers yang diterima dari Humas PLN Pusat di Jakarta, Senin.

Selain itu, kata dia, PLN juga memberikan bantuan bibit tanaman untuk rehabilitasi lahan pertanian di Desa Tiganderket yang merupakan desa terdekat dengan lokasi bencana dan yang terkena dampak erupsi Gunung Sinabung.

Sementara Bupati Karo menyatakan bahwa akhirnya permintaan akan listrik gratis untuk pengungsi Huntara dapat diwujudkan.

"Terima kasih kepada pemerintah dan PLN telah peduli kepada masyarakat dan lingkungannya. Semoga langkah PLN dapat mendorong dan memotivasi perusahaan lainnya untuk memberikan bantuan kepada masyarakat untuk digunakan sebaik-baiknya. Waktu Pak Menteri ESDM ke sini kami meminta alangkah indahnya jika listrik digratiskan untuk pengungsi Huntara," papar Terkelin Brahmana.

Dengan bantuan dari PLN Peduli ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat terdampak erupsi Gunung Sinabung agar masyarakat dapat menikmati listrik untuk aktivitas kesehariannya dan walaupun dalam kondisi yang cukup berat tetap dapat menjalankan aktivitas pertanian untuk mendorong perekonomian masyarakat Gunung Sinabung.

Hendra Iswahyudi menyatakan bahwa kunjungan Kementerian ESDM dan PLN kali ini ke Kabupaten Karo dalam rangka menindaklanjuti kunjungan Menteri ESDM pada Maret 2018 lalu.

"Kami menindaklanjuti kunjungan Menteri ESDM Bapak Ignasius Jonan pada kesempatan yang lalu untuk membantu para pengungsi Huntara untuk mendapatkan satu kWh meter untuk satu rumah karena sebelumnya beberapa rumah menggunakan satu kWh meter," ujar Hendra.

Setelah acara penyerahan bantuan tersebut, rombongan menuju Huntara di Ndokum Siroga, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo untuk melihat proses input nomor token listrik dan mengetahui kondisi para pengungsi di sana.

"Ini sudah bantu kami untuk sekolah anak kami, ongkos anak setiap hari dan ongkos kami kalau ke ladang. Mantap lah bagi kami. Lampu (listrik) sudah kalian kasih ke kami, jadi berkurang beban kami. Biasanya kami keluar Rp 50.000 untuk paling lama 2 minggu (penggunaan listrik)," ujar Asni Boru Karo (40) warga Desa Kuta Tengah, Kab. Karo.

Editor: Syarief Lussy


To add comments, you should login via Twitter or Facebook

Sign in via Twitter Sign in via Facebook

No comments yet.

​M.Abrar Ali Jadi Ketua Umum SP PLN 2019-202
Ekonomi
Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Serikat Pekerja (SP) PLN, yang dihadiri 59 DPD SP PLN seluruh Indonesia menetapkan Mu...
​Komitmen Pemerintah Lindungi Hak Konsumen Diragukan
Ekonomi
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meragukan komitmen pemerintah untuk melindungi hak-hak konsumen. Keraguan ini didasar...
​Langkah Polisi Tangkap Pembajak Mobil Tanki Diapresiasi
Ekonomi
Langkah cepat yang dilakukan pihak kepolisian dengan menangkap para pelaku pembajakan dua mobil tangki milik Pertamina yang dih...
​Menperin Berupaya Ciptakan Iklim Investasi Kondusif
Ekonomi
Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengungkapkan, saat ini pemerintah berupaya membuat kebijakan strategis unt...
​Pertamina, RNI dan PTPN III Bersinergi Kembangkan Energi Terbarukan
Ekonomi
Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Pertamina, RNI dan PTPN III menandatangani Nota Kesepahaman terkait kerjasama penyed...
​Pertamina Gelar Pangan dan Solar Non Subsidi Harga Khusus
Ekonomi
PT Pertamina (Persero) menggelar pangan murah dan Solar Non Subsidi dengan harga khusus pada acara bertajuk BUMN Berbagi dalam ...
​Presiden Berharap Pengguna Kendaraan Beralih ke MRT
Ekonomi
Presiden Joko Widodo berharap keberadaan kereta Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta membuat masyarakat pengguna kendaraan pribadi ...
​Pengambilalihan Tanpa Izin Tangki BBM Pertamina Melawan Hukum
Ekonomi
Tindakan mengambil alih dari orang yang berhak dan menguasai secara tanpa izin truk pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) milik P...
Ekonom: Pembajakan Mobil Tangki Pelanggaran Konstitusi
Ekonomi
Ekonom Konstitusi, Defiyan Cori menegaskan, pembajakan mobil tangki merupakan tindakan pelanggaran konstitusi ekonomi yang berp...