Hubungi

(021) 660 39 00

hanya Rp. 75,000 per bulan

​Lagi, Pertamina EP Gelar Pelatihan Keriwausahaan

19 Nov. 2018, 22.26.33

​Lagi, Pertamina EP Gelar Pelatihan Keriwausahaan

Jakarta, sentananews.com

Proyek Strategis Nasional (PSN) Lapangan Gas Unitisasi Jambaran – Tiung Biru (JTB) melalui operatornya PT Pertamina EP Cepu (PEPC) kembali menggelar pelatihan kewirausahaan untuk masyarakat di wilayah operasinya. Kegiatan ini resmi dibuka hari ini, Senin (19/11) di Kantor UPT PK Bojonegoro.

Menurut Kepala Bidang Pelatihan dan Produktivitas Balai Latihan Kerja (BLK) Propinsi Jawa Timur, Adi Kamal, tujuan dari dilaksanakannya program pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah operasi melalui peningkatan sumberdaya manusia serta menstimulasi pertumbuhan wirausaha mandiri di sekitar lokasi proyek sehingga akan berdampak pada penurunan tingkat pengangguran dan peningkatan ekonomi makro wilayah Bojonegoro.

"Peserta harus meningkatkan kompetensi teknis dan non-teknis agar dapat menjadi wirausahawan mandiri," kata Adi dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Senin.

Sementara JTB Site Office & PGA Manager, Kunadi mengatakan program yang merupakan hasil studi sosial ekonomi ini bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja (UPT PK) Kabupaten Bojonegoro. "Terdapat tiga kategori pelatihan yang diikuti oleh 56 orang, yaitu Pelatihan Tata Busana 20 orang, Tata Boga 20 orang dan Pengembangan Mekanik Motor 16 orang," ujarnya.

Para peserta, lanjut dia, berasal dari sekitar area proyek JTB, antara lain Desa Kaliombo, Bandungrejo, Talok, Ngasem, Pelem dan Dolokgede dan mengikuti pelatihan selama 20 hari kedepan. "Dalam pelatihan, setiap peserta akan mendapatkan pelatihan sesuai dengan bidang masing-masing," ujar Kunadi.

Selain materi ajar, peserta pelatihan tata boga mendapatkan bantuan peralatan seperti mixer, kompor, oven, timbangan digital, penanak nasi/kukusan, blender, loyang.

Sementara peserta tata busana atau garmen mendapatkan bantuan peralatan mesin jahit, mesin obras, gunting jahit, penggaris serta kelengkapan menjahit lainnya.

Untuk peserta pelatihan mekanik atau bengkel motor mendapatkan bantuan peralatan kompresor dan perlengkapan alat servis motor.

"PEPC dari tahun 2015 sampai sekarang telah melaksanakan program pengembangan masyarakat, khususnya keterampilan kewirausahaan kepada 290 penerima manfaat di bidang migas dan di bidang non migas sebanyak 175 penerima manfaat," imbuh Kunadi.

Ia juga memohon doa kepada seluruh peserta pelatihan dan masyarakat Bojonegoro agar PEPC dapat melaksanakan pekerjaan proyek JTB berjalan sesuai dengan target dan seluruh pekerja dapat bekerja dengan selamat.

Sementara Kepala Dinas Penrindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker), Bojonegoro, Agus Supriyanto, mengatakan, setiap peserta sebaiknya melaksanakan kegiatan pelatihan dengan serius. "Jika ke depan mempunyai produk maka perlu dilakukan perbaikan, seperti pengemasan, sertifikat halal dan sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)," ujarnya.

Selain itu ia juga menyoroti perilaku tenaga kerja di Bojonegoro yang lebih senang kerja di daerah yang mempunyai upah minimum kerja lebih tinggi, waktu tua ingin kerja di daerahnya sendiri dan lebih cenderung ingin bekerja di perusahaan minyak.

Perwakilan SKKMIGAS Jabanusa, Yustian Hakiki, mengatakan bahwa dengan adanya pelatihan ini diharapkan akan muncul pengusaha bengkel yang handal, pengusaha catering yang maju dan pengusaha garmen/butik yang sukses. "Dianjurkan saling membantu agar sama-sama berhasil, jika ada pesanan dalam jumlah besar," ujar Yustian.

Sementara itu, Avicenia Darwis sebagai Vice President Bidang Operasi SKKMIGAS yang telah berkunjung ke tempat pelatihan tersebut pada tanggal 15 Nopember 2018, sangat mengapresiasi masyarakat yang memiliki tekad besar untuk maju dan bergabung dalam pelatihan kewirausahaan ini.

Avi, juga sempat menyampaikan motivasi kepada para peserta pelatihan, antara lain; "Pintar-pintarlah dalam menggali diri dan mengoptimalkan kearifan lokal. Dan juga jadikan lingkungan tempat kita tinggal, desa kita, menjadi lebih berkembang dengan kemampuan yang kita miliki dan kita tingkatkan melalui pelatihan ini."

Pada kesempatan itu, para peserta menyampaikan apresiasi atas kegian tersebut. "Saya ikut pelatihan ini karena ingin mengembangkan apa yang selama ini saya bisa, terutama karena hobi saya memasak, saya ingin mengembangkan usaha catering," kata Musyarofah, warga Desa Palem.

Editor: Syarief Lussy


To add comments, you should login via Twitter or Facebook

Sign in via Twitter Sign in via Facebook

No comments yet.

Satria Zulkarnain Tarigan Berburu Hingga New Zealand
News
Jakarta, sentananews.comSatria Zulkarnain Tarigan, lawyer dan konsultan hukum ini mengungkapkan, taman wisata berburu perlu dik...
Saluran Air Jl. Puri Lingkar Luar Jakarta Dikuras
News
Jakarta, sentananews.comGuna mengantisipasi terjadinya genangan air saat hujan deras, petugas Sudis Sumber Daya Air (SDA) Jakar...
Jokowi-Ma'ruf Pemenang,  Indonesia  Milik Bersama
News
Jakarta, sentananews.comIndonesia adalah negara besar yang membutuhkan peran semua pihak untuk bersama-sama memajukannya menjad...
​Aksi Demo Tak Puas Pasca Hasil Perhitungan Hal Biasa
News
Aksi demo yang dilakukan oleh rakyat yang tidak puas dengan penyelenggaraan Pilpres merupakan hal yang biasa.Hal ini disampaika...
Mudik 2019,  Diharapkan  Berjalan  Aman dan Lancar
News
Jakarta, sentananews.comMenteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, mudik 2019 akan menjadi mudik yang aman dan...
Syukuri Kemengangan, Tanggung Jawab Bagi Kemajuan Negeri
News
Jakarta, sentananews.comHasil akhir rekapitulasi penghitungan secara berjenjang dari bawah, akhirnya menetapkan Jokowi-KH Ma'ru...
​Panglima TNI Safari Ramadhan ke Polda Banten
News
Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Wakapolri, Komjen Pol Drs. Ari Dono Sukmanto, S.H. mengunjungi Banten...
​Polisi Perketat Penjagaan Gedung KPU dan Bawaslu
News
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono menegaskan, bahwa menjelang pengumuman hasil Pemilu 2019 pada 22 Mei mendatang ...
Satpol PP Meruya Utara Gelar Operasi Miras
News
Jakarta, sentananews.comPetugas gabungan Satpol PP Kel.Meruya Utara Kec.Kembangan Jakarta Barat menggelar operasi minuman keras...