Hubungi

(021) 660 39 00

hanya Rp. 75,000 per bulan

​PDTu Kementerian Desa PDTT Gelar Rakernis 2019

2 Feb. 2019, 0.59.56

​PDTu Kementerian Desa PDTT Gelar Rakernis 2019

Jakarta, sentananews.com

Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu (PDTu), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) 2019.

Rakernis yang berlangsung di Hotek Mercure, Jakarta Utara, Jumat (1/2/2019) itu dilakukan dalam rangka menentukan prioritas bidang kerja pada Program Kerja 2019 dan Rencana Program Jangka Menengah Nasional (RJPMN) 2020-2024.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo, mengungkapkan, kementeriannya telah melampaui target yang ditetapkan pemerintah dalam Rencana Program Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

"Sampai dengan akhir 2019 kita ditarget mengentaskan 5.000 desa tertinggal. Kenyataannya, hingga 2018 lalu Kementrian mampu mengentaskan 6.500 desa tertinggal," katanya.

Sementara dari target menciptakan 2.000 Desa Mandiri, saat ini sudah ada 2.650 sekian desa dengan status mandiri. "Jadi beberapa target dalam RPJMN sebenarnya sudah terlampaui," terang Menteri Desa PDTT.

Eko Putro menambahkan, dalam hal dana Dana Desa, desa mampu membangun infrastruktur dalam skala yang tidak pernah terjadi dalam sejarah Indonesia sebelumnya dalam waktu empat tahun terakhir.

"Desa mampu membangun antara lain hampir 200.000 km jalan desa, puluhan ribu PAUD, Posyandu, Pasar, Bumdes, dan Embung. Desa juga mampu membangun hampir 1 juta unit sarana air bersih ke rumah-rumah di desa," paparnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pembangunan ini memberikan dampak positif di mana kemiskinan di desa rate penurunannya tidak kalah dengan rate penurunan di kota.

Ini tercermin dari tingkat kesenjangan (gini ratio) di desa lebih rendah daripada di kota, dan angka pengangguran di desa juga lebih kecil jauh daripada di kota.

"Pendapatan perkapita di desa naiknya hampir 50 persen, dari Rp 572 ribu perkapita perbulan menjadi Rp 804 ribu per kapita per bulan. Juga angka Stunting dari 37,2 persen menjadi menjadi 30,2 persen dalam empat tahun terakhir," jelasnya.

Sementara itu, Dirjen Pengembangan Daerah Tertentu (PDTu) Kementerian Desa PDTT, Aisyah Gamawati menjelaskan, wilayah kerja Ditjen PDTu itu mencakup wilayah perbatasan, pulau terluar, pulau kecil, daerah rawan pangan, rawan bencana, dan daerah pasca konflik.

"Fokus dan lokus ini perlu kami pertajam lagi untuk melihat wilayah-wilayah mana di Indonesia yang perlu segera ditangani dan yang belum tersentuh. Jadi ini merupakan salah satu wujud implementasi dari Nawacita untuk melakukan pembangunan dari pinggiran," paparnya.

Ke depan, lanjut Aisyah, pihaknya akan fokus menangani wilayah-wilayah lain seperti rawan pangan, rawan bencana, dan pasca konflik yang mengarah kepada problem based, yang mana tingkat kejadiannya sulit diprediksi dan dapat terjadi di bagian manapun di penjuru negeri.

"Seumpama jika di Jakarta terjadi bencana pun, kami juga akan turun tangan untuk melaksanakan program pembangunan namun tetap mengedepankan skala prioritas dengan daerah-daerah lain," pungkas Aisyah Gamawati.(rif)

Penulis: Marsudi Yudi


To add comments, you should login via Twitter or Facebook

Sign in via Twitter Sign in via Facebook

No comments yet.

TKN Sebut Tuduhan TSM Cuma Isapan Jempol
News
Jakarta, sentananews.comMengamati secara seksama para saksi yang dihadirkan Tim Hukum 02, sungguh kesaksiannya jauh dari opini ...
Kupas Tuntas Pelaksanaan Mudik Bareng Tahun 2019
News
Jakarta, sentannews.comPemerintah melalui Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), mengklaim program Mudik ...
​Menhub Minta AP II Menata Bandara Kertajati
News
PT Angkasa Pura II sebagai operator pengelola Bandara Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dan Bandara Husein Sast...
Irjend Pol. Ike Edwin, Figur Calon Komisioner KPK
News
Kapolri Jenderal Tito Karnavian berjanji akan mengirimkan perwira-perwira tinggi Polri terbaik untuk dicalonkan sebagai pimpina...
Sukses Raih WTP, LPP TVRI Dapat Tambahan Anggaran Rp 224 M
News
Jakarta, sentananews.comSetelah tiga tahun berturut-turut mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), Lembaga Penyiaran Pub...
TNI AD Gelar Festival Musik Jalanan di Serpong
News
Salah satu bukti kemanunggalan dengan rakyat, TNI AD menggelar Festival Musik Jalanan di Mall Living World Alam Sutera, Pakulon...
HUT Hidrografi Dunia 2019, Pushidrosal Gelar Saresehan
News
Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) gelar Saresehan dalam rangka memperingati Hari Hidrografi Duni...
​Wiranto: Aksi Massa di MK Bukan dari Prabowo
News
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jenderal TNI (Purnawirawan) Wiranto, memastikan, aksi massa dalam sida...
​PMJ Dalami Dugaan Penggelapan Dirut PT KBN
News
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengungkapkan, pihaknya masih mengkaji kasus dugaan penggelapan yang menye...