Hubungi

(021) 660 39 00

hanya Rp. 75,000 per bulan

​PDTu Kementerian Desa PDTT Gelar Rakernis 2019

2 Feb. 2019, 0.59.56

​PDTu Kementerian Desa PDTT Gelar Rakernis 2019

Jakarta, sentananews.com

Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu (PDTu), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) 2019.

Rakernis yang berlangsung di Hotek Mercure, Jakarta Utara, Jumat (1/2/2019) itu dilakukan dalam rangka menentukan prioritas bidang kerja pada Program Kerja 2019 dan Rencana Program Jangka Menengah Nasional (RJPMN) 2020-2024.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo, mengungkapkan, kementeriannya telah melampaui target yang ditetapkan pemerintah dalam Rencana Program Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

"Sampai dengan akhir 2019 kita ditarget mengentaskan 5.000 desa tertinggal. Kenyataannya, hingga 2018 lalu Kementrian mampu mengentaskan 6.500 desa tertinggal," katanya.

Sementara dari target menciptakan 2.000 Desa Mandiri, saat ini sudah ada 2.650 sekian desa dengan status mandiri. "Jadi beberapa target dalam RPJMN sebenarnya sudah terlampaui," terang Menteri Desa PDTT.

Eko Putro menambahkan, dalam hal dana Dana Desa, desa mampu membangun infrastruktur dalam skala yang tidak pernah terjadi dalam sejarah Indonesia sebelumnya dalam waktu empat tahun terakhir.

"Desa mampu membangun antara lain hampir 200.000 km jalan desa, puluhan ribu PAUD, Posyandu, Pasar, Bumdes, dan Embung. Desa juga mampu membangun hampir 1 juta unit sarana air bersih ke rumah-rumah di desa," paparnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pembangunan ini memberikan dampak positif di mana kemiskinan di desa rate penurunannya tidak kalah dengan rate penurunan di kota.

Ini tercermin dari tingkat kesenjangan (gini ratio) di desa lebih rendah daripada di kota, dan angka pengangguran di desa juga lebih kecil jauh daripada di kota.

"Pendapatan perkapita di desa naiknya hampir 50 persen, dari Rp 572 ribu perkapita perbulan menjadi Rp 804 ribu per kapita per bulan. Juga angka Stunting dari 37,2 persen menjadi menjadi 30,2 persen dalam empat tahun terakhir," jelasnya.

Sementara itu, Dirjen Pengembangan Daerah Tertentu (PDTu) Kementerian Desa PDTT, Aisyah Gamawati menjelaskan, wilayah kerja Ditjen PDTu itu mencakup wilayah perbatasan, pulau terluar, pulau kecil, daerah rawan pangan, rawan bencana, dan daerah pasca konflik.

"Fokus dan lokus ini perlu kami pertajam lagi untuk melihat wilayah-wilayah mana di Indonesia yang perlu segera ditangani dan yang belum tersentuh. Jadi ini merupakan salah satu wujud implementasi dari Nawacita untuk melakukan pembangunan dari pinggiran," paparnya.

Ke depan, lanjut Aisyah, pihaknya akan fokus menangani wilayah-wilayah lain seperti rawan pangan, rawan bencana, dan pasca konflik yang mengarah kepada problem based, yang mana tingkat kejadiannya sulit diprediksi dan dapat terjadi di bagian manapun di penjuru negeri.

"Seumpama jika di Jakarta terjadi bencana pun, kami juga akan turun tangan untuk melaksanakan program pembangunan namun tetap mengedepankan skala prioritas dengan daerah-daerah lain," pungkas Aisyah Gamawati.(rif)

Penulis: Marsudi Yudi


To add comments, you should login via Twitter or Facebook

Sign in via Twitter Sign in via Facebook

No comments yet.

Sudin Pendidikan I Jakbar  Sosialisasikan Kesadaran Hukum di  Sekolah
News
Jakarta, sentananews.com Suku Dinas Pendidikan wilayah I Kota Administrasi Jakarta Barat bersama Lembaga Bantuan Hukum Tosa, me...
Tokoh Lintas Agama Minta Tragedi Kemanusiaan New Zealand Jangan Dipolitisasi
News
BERTEMPAT di aula gedung Kementerian Agama RI, sejumlah Tokoh-tokoh agama dan kepercayaan serta masyarakat sipil Indonesia bers...
Ratusan Satpol PP Jakbar Kerja Bakti di Lokasi Kebakaran
News
Jakarta, sentananews.com Petugas Satpol PP Jakarta Barat didukung petugas PPSU, Sumber Daya Air, Lingkungan Hidup dan TNI, mela...
​Suvey Litbang Kompas: Elektabilitas Jokowi - Ma'ruf Menurun
News
Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - Ma'ruf Amin atau TKN Jokowi - Ma'ruf membantah pihaknya tidak bekerja untuk memenangkan pet...
​Penetapan Tersangka Pembajak Truk Tanki Sudah Sesuai KUHAP
News
Pengacara dan Pendiri Law Office LSS Jakarta, Lonna Lengkong menegaskan, bahwa dengan ditetapkannya 5 orang tersangka pembajaka...
Diminta Pemerintah Urus  Lahan Fasos-Fasum TSI Semanan
News
Jakarta, sentananews.comKondisi lahan Fasilitas Sosial dan Fasilitas Umum (Fasos/Fasum) di RT.016/12,Taman Semanan Indah (TSI) ...
Terkait Aliran Dana, KPK Dalami Delapan Anggota DPRD Jambi
News
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami terhadap delapan anggota DPRD Provinsi Jambi soal aliran dana dalam penyidikan kas...
​KPK Dorong Revisi UU Pemberantasan Tipikor
News
Komisi Pemilihan AmomPK mendorong revisi Undang-undang No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU 20 tahun 2001 tentang Pemb...
Ekonom Konstitusi: Penangkapan Mantan AMT Sudah Tepat
News
Ekonom Konstitusi, Defiyan Cori mengaku heran dengan munculnya pernyataan menyayangkan penangkapan mantan sopir mobil tangki at...