Hubungi

(021) 660 39 00

hanya Rp. 75,000 per bulan

​Gebuk Thailand, Timnas U-16 Indonesia Juara Piala AFF U-16 2018

11 Agu 2018, 22.48.35

​Gebuk Thailand, Timnas U-16 Indonesia Juara Piala AFF U-16 2018

Sidoarjo, Sentananews.com

Timnas U-16 Indonesia berhasil memastikan diri keluar sebagai juara Piala AFF U-16 2018 setelah menumbangkan perlawanan Thailand lewat babak adu penalti.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8), babak tos-tosan pun digelar setelah kedua tim bermain imbang 1-1 selama waktu normal.

Gol timnas U-16 Indonesia pada laga ini dicetak oleh Fajar Fatchur Rohman pada menit ke-33. Sementara gol penyama kedudukan Thailand lahir dari kaki Apidet Janngam (72').

Timnas U-16 Indonesia berhasil memastikan diri sebagai jawara turnamen Piala AFF U-16 2018 setelah menumbangkan Thailand lewat adu penalti dengan skor 4-3.

Skuat Garuda Asia masih mendominasi penguasan bola sepanjang sepuluh menit pertama. David Maulana dkk bermain dengan mengandalkan kecepatan untuk menusuk ke pertahanan Thailand.

Peluang emas untuk timnas U-16 Indonesia akhirnya hadir pada menit ke-13. Gerakan indah Bagus Kahfi di dalam kotak penalti mampu mengelabui bek Thailand.

Pemain bernomor punggung 20 ini pun langsung melepaskan tendangan ke arah gawang Thaliand, sayang sepakannya masih membentur tiang gawang.

Tekanan demi tekanan masih dilancarkan skuat besutan Fakhri Husaini selama 20 menit jalannya babak pertama.

Sementara itu, Thailand mengandalkan skema serangan balik. Pada menit ke-28, Indonesia mencetak gol ke gawang Thailand lewat kaki Muhammad Supriadi. Namun, wasit menganulir gol tersebut lantaran Supriadi berada di posisi offside.

Gol yang ditunggu-tunggu pendukung timnas U-16 Indonesia pada laga ini lahir lewat kaki pemain pengganti, Fajar Fatchur Rohman, pada menit ke-33.

Berawal dari umpan terobosan indah yang dikirimkan David Maulana, Fajar mampu melepaskan sontekan yang mengelabui kiper Thailand. Dengan gol ini, timnas U-16 Indonesia untuk sementara unggul atas Thailand dengan skor 1-0.

Sebelumnya, Fajar masuk menggantikan Amanar Abdillah yang terlihat kesakitan. Timnas U-16 Indonesia pun berhasil unggul atas Thailand dengan skor 1-0.

Dalam keadaan tertinggal 0-1 dari Indonesia, Thailand mencoba tampil lebih menyerang pada babak kedua. Skuat besutan Thongchai Rungreangleas mencoba mendominasi penguasaan bola.

Namun, hingga sepuluh menit berjalannya babak kedua, upaya Thailand belum membuahkan hasil. Tak ada satupun peluang yang membahayakan gawang Indonesia.

Kedua tim pun silih berganti melancarkan serangan ke area pertahanan lawan. Namun, upaya keduanya masih belum membuahkan peluang emas.

Sejumlah peluang yang dimiliki skuat Garuda Asia juga berulang kali hanya berakhir dengan tendangan gawang.

David Maulana dkk masih terburu-buru dalam memaksimalkan peluang yang diperoleh. Memasuki menit ke-72, timnas u-16 Thailand akhirnya berhasil mencetak gol lewat sepakan Apidet Janngam.

Gol ini berawal dari kesalahan pemain belakang Indonesia yang gagal mengawal pergerakan Apidet. Pemain bernomor punggung 17 ini berhasil menyambar umpan silang rekannya dari sisi kanan penyerangan.

Dengan gol ini, Thailand berhasil menyamakan kedudukan dan merubah skor menjadi 1-1. Dan pertandingan kedua tim akdilanjutkan ke babak adu tendangan penalti.

Berikut hasil adu penalti kedua tim:

Thailand (nomo punggung 7) : Gol

Indonesia - Sutan Diego Zico: Gol

Thailand (nomor punggung 17): Gagal

Indonesia - Amiruddin Bagus Kahfi: Gol

Thailand (nomor punggung 20): Gol

Indonesia - Rendy Juliansyah: Gol

Thailand (nomor punggung 11): Gol

Indonesia - David Maulana: Gol

Thailand: Gagal

Hasil Adu Penalti: 4-3

Susunan Pemain

Timnas U-16 Indonesia (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi; Amiruddin Bagas Kaffa, Komang Teguh Trisnanda, Fadillah Nur Rahman, Mochamad Yudha Febrian; David Maulana, Brylian Aldama, Andre Oktaviansyah; Muhammad Supriadi, Amiruddin Bagus Kahfi, Amanar Abdillah

Pelatih: Fakhri Husaini

Timnas U-16 Thailand (4-4-2): Anuchid Taweesri; Arthit Bua Ngam, Chatmongkol Rueangthanarot, Jakkrapong Sanmahung, Pongsakorn Innet; Thanarin Thumsen, Sarawut Soawaros, Thanakrit Laorkai, Sattawas Leela; Sitthinan Rungrueang, Thodsawat Aunkongrat.

Pelatih: Thongchai Rungreangleas.

Editor: Firman


To add comments, you should login via Twitter or Facebook

Sign in via Twitter Sign in via Facebook

No comments yet.

​Higuain: Gol Kemenangan Milan untuk Gattuso
Sport
Striker AC Milan, Gonzalo Higuain, memberikan dedikasi khusus untuk sang pelatih Gnnaro Gattuso, pada laga melawan SPAL di Liga...
​Dua Gol Ronaldo Antar Juve Hajar Sampdoria
Sport
Cristiano Ronaldo menjadi aktor di balik kemenangan Juventus atas Sampdoria di Stadion Allianz, Sabtu (29/12) malam WIB.Juventu...
Madrid Juara Piala Dunia Antarklub 2018
Sport
Real Madrid mengukir sejarah baru usai mengalahkan Al-Ain dengan skor 4-1 pada laga final Piala Dunia Antarklub 2018 di Sheikh ...
Kalahkan Brighton, Chelsea Masih Betah di Peringkat 4 Klasemen
Sport
Kemenangan 2-1 Chelsea atas Brighton & Hove Albion pada pekan ke-17 Liga Inggris, membuat mereka masih berada di urutan kee...
​Libas Everton 3-1, City KIembali ke Puncak
Sport
Manchester City berhasil membekap Everton dengan skor 3-1 dalam laga pekan ke-17 Liga Inggris di Stadion Etihad, Manchester, In...
​Gebuk Malaysia, Vietnam Juara Piala AFF 2018
Sport
Tim nasional Vietnam berhasil meraih trofi Piala AFF 2018 setelah mengalahkan Malaysia 1-0 dalam partai final kedua di Stadion ...
​Jakmania Inginkan Kontrak Teco Diperpanjang
Sport
Suporter loyal tim sepak bola Persija Jakarta, The Jakmania berharap kontrak pelatih Persija Stefano "Teco" Cugurra diperpanjan...
​Menunggu 17 Tahun, Persija Juara Liga 1 2018
Sport
Penantian 17 tahun akhirnya berbuah manis buat skuat Persija Jakarta. Gelar juara Liga 1 2018 berhasil diperoleh Macan Kemayora...
​Pertamina Dukung IOF Berau 4x4 Tropical Challenge 2018
Sport
Bergabung dengan Komunitas Indonesia Off-Road Federation (IOF) sebagai perusahaan energi nasional kelas dunia, Pertamina MOR VI...