Hubungi

(021) 660 39 00

hanya Rp. 75,000 per bulan

Hajar Kroasia 4-2, Prancis Juara Piala Dunia 2018

16 Juli 2018, 1.37.24

Hajar Kroasia 4-2, Prancis Juara Piala Dunia 2018

Moskow, sentananews.com

Prancis kembali menjadi juara Piala Dunia setelah 20 tahun. Tim berjuluk Les Bleus itu mematahkan perlawanan Kroasia dengan skor akhir 4-2.

Kedua tim bermain terbuka sejak menit pertama pertandingan. Melewati 5 menit pertama, Kroasia tampak lebih agresif dalam merancang serangan.

Tekanan yang dilakukan Kroasia mampu sedikit meredam determinasi skuat Prancis yang kuat dalam penguasaan bola.

Kondisi itu masih tetap bertahan setidaknya sampai 5 menit kemudian. Skuat Kroasia tak memberi celah bagi para pemain Prancis untuk banyak memainkan bola.

Ketika ada pemain Prancis yang menguasai bola maka pasti ada minimal dua pemain Kroasia yang mengawal dan melakukan tekanan. Bahkan, Kroasia tak segan melakukan pelanggaran untuk menghentikan aliran bola Prancis.

Permainan Prancis mulai bisa berkembang setelah mendekati separuh babak pertama. Ditandai dengan sebuah pelanggaran yang dilakukan pemain Kroasia di sisi kiri wilayah pertahanan mereka. Situasi ini memberi peluang Prancis untuk menyerang dengan menggunakan keuntungan set pieces.

Dan memang, Prancis bisa mencetak gol melalui situasi set pieces tersebut. Umpan Antoine Griezman disambut dengan baik oleh sebuah sundulan.

Namun, bukan sundulan pemain Prancis. Heading striker Kroasia Mario Mandzukic menjadi gol bunuh diri.

Tapi ketinggalan satu gol membuat Kroasia makin beringas. Luka Modric dan rekan-rekannya langsung menggencarkan serangan.

Upaya itu langsung membuahkan hasil 10 menit kemudian. Ketika pertahanan Prancis lengah, bola umpan set pieces dari sisi kanan jatuh ke hadapan Ivan Perisic.

Sempat mengontrol dengan kaki kanan, Perisic melakukan tendangan kaki kiri yang tak mampu dihentikan Hugo Lloris. Gol untuk Kroasia.

Tensi dan tempo pertandingan pun makin meningkat. Situasi menjadi lebih menarik.

Prancis pun sudah lebih panas dan mampu balik menekan Kroasia. Sebuah serangan yang mampu membuahkan penalti bagi Prancis.

Penalti ini merupakan hasil pengamatan wasit Nestor Pitana setelah melihat rekaman VAR. Griezmann tak membiarkan peluang tersia-sia. Sepakan kaki kirinya mengecoh Subasic dan membuat Prancis kembali unggul 2-1.

Prancis tampil sedikit berbeda di awal babak kedua. Mereka berusaha bermain lebih agresif dibanding babak pertama.

Skuat Les Bleus tampaknya tak ingin banyak ditekan seperti yang dialami di babak pertama. Sialnya, Kroasia tak berubah. Mereka tetap agresif dan penuh spirit untuk meraih kemenangan.

Pressure ketat terus mereka lakukan ketika pemain Prancis berusaha menguasai bola. Hingga akhirnya sebuah tendangan terarah membuat Hugo Lloris harus melompat dan melakukan tips untuk menyelamatkan gawangnya.

Di sela-sela tekanan Kroasia, Prancis sempat mendapat peluang melalui sebuah serangan balik. Kylian Mbappe dengan kecepatannya sukses mendahului pergerakan Vida.

Sayang, sepakannya masih bisa dimentahkan Subasic. Namun, dalam serangan balik kedua pada menit 59, Mbappe menjadi kreator gol ketiga Prancis di Stadion Luzhniki, Moskow itu.

Umpan Mbappe kepada Griezmann akhirnya berakhir di kaki Paul Pogba. Setelah sempat melakukan tendangan kaki kanan yang diblok pemain Kroasia, Pogba sukses menjebol gawang Subasic melalui tendangan kedua dengan kaki kanannya.

Enam menit berselang, Mbappe sukses mencatatkan gol perdananya di final Piala Dunia. Menerima umpan Rodriguez, penyerang 19 tahun ini melakukan sebuah tendangan terarah yang tidak diduga arahnya oleh Subasic. Prancis unggul 4-1 dari Kroasia.

Keunggulan ini membuat Prancis menjadi lengah. Menit 69, Lloris yang menerima backpass coba mengecoh Mandzukic.

Sial, Mandzukic lebih cerdas dalam membaca arah bola. Kaki kanannya dengan cepat mencocor bola yang akan ditendang Lloris. Kroasia coba mendekatkan selisih gol menjadi 2-4.

Kroasia tak berhenti berusaha di sisa menit pertandingan. Selain melakukan umpan dengan target utama Mandzukic, sejumlah pemain Kroasia pun mulai mencoba melakukan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, tak ada yang mampu membahayakan gawang Hugo Lloris.

Sayang, bagaimanapun energi skuad Kroasia ada batasnya. Determinasi mereka akhirnya mulai meredup. Prancis pun akhirnya menjadi pemenang dalam laga puncak Piala Dunia 2018.(adw/JPC)

Susunan pemain Prancis vs Kroasia

Prancis (4-2-3-1): 1-Lloris; 2-Pavard, 4-Varane, 5-Umtiti, 21-Hernandez; 13-Kanté (15-Nzonzi 55'), 6-Pogba, 14-Matuidi (12-Tolisso 73'); 10-Mbappé, 7-Griezmann, 9-Giroud (18-Fekir 81')?Pelatih: Didier Deschamps.

Kroasia (4-3-2-1): 23-Subasic; 2-Vrsaljko, 6-Lovren, 21-Vida, 3-Strinic (20-Pjaca 82'); 11-Brozovic, 7-Rakitic, 10-Modric; 4-Perisic, 18-Rebic (9-Kramaric 70'), 17-Mandzukic?Pelatih: Zlatko Dalic.

Wasit: Nestor Pitana (Argentina).

Editor: Agus Rianto


To add comments, you should login via Twitter or Facebook

Sign in via Twitter Sign in via Facebook

No comments yet.

​Ronaldo Hadir, Juventus Jual Dybala?
Sport
Pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, mulai nyaman dengan pola 4-4-2 yang dikembangkan. Pola tersebut membawa Bianconeri –jul...
Cukur Chelsea 6-0, City ke Puncak Lagi
Sport
Malam yang buruk dialami oleh Chelsea saat bertandang ke markas Manchester City, Stadion Etihad, pada pekan ke-26 Liga Inggris ...
Leverpool Bekuk Bournemouth, Salah Cetak Rekor Lagi
Sport
Mohamed Salah membuat rekor baru setelah mencetak gol saat Liverpool mengalahkan Bournemouth 3-0 di Anfield, Sabtu (9/2/2019). ...
Manchester United Ikut Berburu Tanguy Ndombele
Sport
Perburuan gelandang muda Lyon, Tanguy Ndombele, semakin memanas menyusul bergabungnya Raksasa Inggris, Manchester United.Raksas...
​Inter Milan Siap Rayu Ivan Rakitic
Sport
Stok lini tengah FC Barcelona yang makin sesak, memancing Inter Milan untuk mencoba merekrut Ivan Rakitic pada bursa transfer m...
Bungkam Everton, City Gusur Liverpool dari Puncak Klasemen
Sport
Manchester City akhirnya menggusur Liverpool dari puncak klasemen Liga Inggris 2018/2019 setelah menang tipis 2-0 atas tuan rum...
​Vinicius Optimis Madrid Tekuk Barca di Copa del Rey
Sport
Pemain muda Real Madrid, Vinicius Junior, amat senang dengan penampilan Los Blancos –julukan Madrid– pada lima pertandingan ter...
​Kembali ke Jalur Kemenangan, Chelsea Pesta Gol
Sport
Chelsea kembali ke jalur kemenangan di pekan ke-25 Premier League, usai menang 5-0 atas Huddersfield Town, Sabtu (2/2) malam WI...
​Juventus Hanya Berbagi Angka 3-3 dengan Parma
Sport
Drama enam gol tercipta saat Juventus menjamu Parma di Stadion Allianz, Minggu (3/2/2019) WIB. Pada giornata ke-22 Liga Italia ...