Hubungi

(021) 660 39 00

hanya Rp. 75,000 per bulan

Persiapan Asian Games, INASGOC Fokus Tiga Kegiatan

12 Des. 2017, 18.03.17

Persiapan Asian Games, INASGOC Fokus Tiga Kegiatan

Jakarta, sentananews.com

Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) akan memfokuskan tiga kegiatan persiapan pelaksanaan Asian Games mulai Januari 2018.

"Sejumlah kegiatan penting harus kami siapkan pada 2018, antara lain layanan pertandingan, upacara pembukaan-penutupan, dan pengikatan arena pertandingan," kata Ketua INASGOC Erick Thohir dalam Laporan Perkembangan Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta, Senin malam.

Perwakilan Dewan Olimpiade Asia (OCA), menurut Erick, melakukan pertemuan mingguan dengan pengurus cabang-cabang olahraga guna mengantisipasi persoalan yang mungkin muncul ketika penyelenggaraan pertandingan Asian Games.

"Pengurus cabang olahraga juga akan bertanggung jawab ketika ada hal-hal yang kurang dalam pelaksanaan pertandingan nantinya karena saat ini sudah ada pertemuan rutin dengan perwakilan OCA," papar Erick.

INASGOC, lanjut Erick, juga akan menggelar pertemuan dwi mingguan mulai Januari 2018 terkait persiapan upacara pembukaan dan penutupan.

"Kami sudah punya konsep dan rencana kegiatan dan sudah disetujui dalam rapat kabinet di Istana Bogor. Tapi, upacara pembukaan-penutupan itu akan diumumkan nanti oleh Presiden," katanya.

INASGOC memperkirakan anggaran untuk pembukaan dan penutupan Asian Games ke-18 mencapai US$ 40-50 juta atau separuh dari anggaran upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade Rio 2016.

Pihaknya menargetkan penyerapan anggaran persiapan pelaksanaan pesta multi cabang olahraga tingkat Asia itu mencapai 95 persen dari dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 sebesar Rp 2 triliun.

"Penyerapan anggaran hingga awal Desember 2017 mencapai 70 persen. Kami berharap penyerapan mencapai 95 persen pada akhir Desember," kata Erick.

INASGOC, lanjut Erick, menyepakati sejumlah mata anggaran yang bersifat lintas tahun (multi-year) seperti persiapan upacara pembukaan dan penutupan, penyediaan sarana teknologi informasi, dan penyiaran.

Pihaknya menargetkan penyerapan anggaran persiapan pelaksanaan pesta multicabang olahraga tingkat Asia itu mencapai 95 persen dari dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 sebesar Rp2 triliun.

"Penyerapan anggaran hingga awal Desember 2017 mencapai 70 persen. Kami berharap penyerapan mencapai 95 persen pada akhir Desember," kata Erick.

INASGOC, lanjut Erick, menyepakati sejumlah mata anggaran yang bersifat lintas tahun (multi-year) seperti persiapan upacara pembukaan dan penutupan, penyediaan sarana teknologi informasi, dan penyiaran.

Sementara Sekretaris Jenderal INASGOC Eris Herryanto mengatakan, sejumlah kontrak pengikatan arena pertandingan sudah dilakukan, antara lain untuk penyediaan Pusat Penyiaran Internasional (IBC) dan Media Center dengan membayar uang muka kepada pengelola Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

"Kami harus melakukan pengikatan pesanan agar arena-arena yang akan kami pakai tidak disewakan kepada pihak lain," kata Eris tentang pemesanan arena Jakarta International Expo Kemayoran dan sejumlah hotel di sekitar kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta.

Selain tiga hal itu, INASGOC juga masih berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri terkait pengurus visa yang terintegrasi dengan akreditasi Asian Games 2018.

"China sebagai negara tertutup saja memberlakukan sistem terpadu bagi setiap peserta. Tentu, kami mengharapkan pengurusan visa sebagaimana kebiasaan penyelenggaraan kejuaraan internasional di negara lain," tutup Erick Thohir.

Editor: Firman


To add comments, you should login via Twitter or Facebook

Sign in via Twitter Sign in via Facebook

No comments yet.

Hajar Kroasia 4-2, Prancis Juara Piala Dunia 2018
Sport
Prancis kembali menjadi juara Piala Dunia setelah 20 tahun. Tim berjuluk Les Bleus itu mematahkan perlawanan Kroasia dengan sko...
Gebuk Inggris, Belgia Raih Peringkat Tiga Piala Dunia 2018
Sport
Timnas Belgia akhirnya meraih peringkat ketiga di Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Inggris 2-0 di Stadion Saint Petersburg,...
Kalahkan Myanmar 4-3,  Malaysia Juara AFF U-19
Sport
Malaysia U-19 keluar sebagai juara AFF U-19 2018 setelah mengalahkan Myanmar. Harimau muda Malaya sukses angkat trofi setelah m...
​Asian Games Makin Dekat, Presiden Kembali Tinjau Kawasan GBK
Sport
SETELAH menghadiri upacara Hari Bhayangkara ke-72 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu pagi, 11 Juli 2018, Presiden Joko Widodo dan...
Karena Pergerakan Liar Perisic, Inggris Terhempas
Sport
Winger Ivan Perisic pantas merebut predikat Man of The Match saat Kroasia mengalahkan Inggris 2-1 pada semifinal Piala Dunia 20...
Kroasia ke Final Piala Dunia 2018 Lewat Perpanjangan Waktu
Sport
Kroasia memastikan diri maju ke laga puncak seusai mengandaskan Inggris 2-1 dalam laga semifinal di Stadion Luzhniki, Rabu (11/...
 Berkat Sentuhan Deschamps, Prancis ke Final Piala Dunia
Sport
Kapten Prancis, Hugo Lloris, menilai sang pelatih, Didier Deschamps, layak mendapat banyak pujian karena berkat sentuhannya tim...
INASGOC dan SEIN Umumkan Pembawa Obor Asian Games 2018
Sport
Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) dan Samsung Electronics Indonesia (SEIN) mengumumkan secara resmi pembawa obor Asi...
​Ditekuk Thailand 2-1, Garuda Nusantara Tetap ke Semifinal
Sport
Timnas U-19 Indonesia harus menelan kekalahan pertama setelah takluk dari Thailand dengan skor 1-2 dalam laga pamungkas babak p...