Hubungi

(021) 660 39 00

hanya Rp. 75,000 per bulan

Persiapan Asian Games, INASGOC Fokus Tiga Kegiatan

12 Des. 2017, 18.03.17

Persiapan Asian Games, INASGOC Fokus Tiga Kegiatan

Jakarta, sentananews.com

Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) akan memfokuskan tiga kegiatan persiapan pelaksanaan Asian Games mulai Januari 2018.

"Sejumlah kegiatan penting harus kami siapkan pada 2018, antara lain layanan pertandingan, upacara pembukaan-penutupan, dan pengikatan arena pertandingan," kata Ketua INASGOC Erick Thohir dalam Laporan Perkembangan Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta, Senin malam.

Perwakilan Dewan Olimpiade Asia (OCA), menurut Erick, melakukan pertemuan mingguan dengan pengurus cabang-cabang olahraga guna mengantisipasi persoalan yang mungkin muncul ketika penyelenggaraan pertandingan Asian Games.

"Pengurus cabang olahraga juga akan bertanggung jawab ketika ada hal-hal yang kurang dalam pelaksanaan pertandingan nantinya karena saat ini sudah ada pertemuan rutin dengan perwakilan OCA," papar Erick.

INASGOC, lanjut Erick, juga akan menggelar pertemuan dwi mingguan mulai Januari 2018 terkait persiapan upacara pembukaan dan penutupan.

"Kami sudah punya konsep dan rencana kegiatan dan sudah disetujui dalam rapat kabinet di Istana Bogor. Tapi, upacara pembukaan-penutupan itu akan diumumkan nanti oleh Presiden," katanya.

INASGOC memperkirakan anggaran untuk pembukaan dan penutupan Asian Games ke-18 mencapai US$ 40-50 juta atau separuh dari anggaran upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade Rio 2016.

Pihaknya menargetkan penyerapan anggaran persiapan pelaksanaan pesta multi cabang olahraga tingkat Asia itu mencapai 95 persen dari dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 sebesar Rp 2 triliun.

"Penyerapan anggaran hingga awal Desember 2017 mencapai 70 persen. Kami berharap penyerapan mencapai 95 persen pada akhir Desember," kata Erick.

INASGOC, lanjut Erick, menyepakati sejumlah mata anggaran yang bersifat lintas tahun (multi-year) seperti persiapan upacara pembukaan dan penutupan, penyediaan sarana teknologi informasi, dan penyiaran.

Pihaknya menargetkan penyerapan anggaran persiapan pelaksanaan pesta multicabang olahraga tingkat Asia itu mencapai 95 persen dari dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 sebesar Rp2 triliun.

"Penyerapan anggaran hingga awal Desember 2017 mencapai 70 persen. Kami berharap penyerapan mencapai 95 persen pada akhir Desember," kata Erick.

INASGOC, lanjut Erick, menyepakati sejumlah mata anggaran yang bersifat lintas tahun (multi-year) seperti persiapan upacara pembukaan dan penutupan, penyediaan sarana teknologi informasi, dan penyiaran.

Sementara Sekretaris Jenderal INASGOC Eris Herryanto mengatakan, sejumlah kontrak pengikatan arena pertandingan sudah dilakukan, antara lain untuk penyediaan Pusat Penyiaran Internasional (IBC) dan Media Center dengan membayar uang muka kepada pengelola Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

"Kami harus melakukan pengikatan pesanan agar arena-arena yang akan kami pakai tidak disewakan kepada pihak lain," kata Eris tentang pemesanan arena Jakarta International Expo Kemayoran dan sejumlah hotel di sekitar kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta.

Selain tiga hal itu, INASGOC juga masih berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri terkait pengurus visa yang terintegrasi dengan akreditasi Asian Games 2018.

"China sebagai negara tertutup saja memberlakukan sistem terpadu bagi setiap peserta. Tentu, kami mengharapkan pengurusan visa sebagaimana kebiasaan penyelenggaraan kejuaraan internasional di negara lain," tutup Erick Thohir.

Editor: Firman


To add comments, you should login via Twitter or Facebook

Sign in via Twitter Sign in via Facebook

No comments yet.

​Chelsea Permalukan Southampton dalam Delapan Menit
Sport
Chelsea meraih poin penuh saat bertandang ke markas Southampton di Stadion St Mary's Stadium, Sabtu (14/4) malam WIB. Pada laga...
​Persija Tekuk Borneo FC 2-0
Sport
Persija Jakarta menundukkan Borneo FC yang diperkuat 10 pemain selama lebih dari 50 menit dengan skor 2-0 dalam laga lanjutan L...
​Pep Khawatir United Nyalip di Tikungan Akhir
Sport
Manchester City belum aman menggondol trofi Liga Primer Inggris dan khawatir bakal disalip Setan Merah, julukan Manchester Unit...
​Semifinal Liga Champions, Madrid Jumpa Bayern
Sport
Juara bertahan Liga Champions Real Madrid akan berhadapan dengan Bayern Munich pada fase semifinal kompetisi antar tim elit ter...
​Penalti Kontraversial Antar Madrid ke Semifinal
Sport
Gol di menit terakhir yang dicetak Cristiano Ronaldo lewat titik putih pada laga leg kedua perempat final Liga Champions yang m...
Bermain Imbang, Sevilla Tersingkir dari Liga Champions
Sport
Sevilla menelan kekecewaan membuat sejarah setelah gagal menaklukkan Bayern Muenchen di Allianz Arena, Kamis (21/4). Sementara ...
​Cukur City 3-0, Liverpool Buka Peluang ke Semifinal
Sport
Satu kaki Liverpool di babak semifinal Liga Champions 2017/2018 usai mencukur Manchester City tiga gol tanpa balas, Kamis (5/4)...
​Tandang ke Turin, Madrid Bombardir Gawang Juventus
Sport
Real Madrid berhasil mengantongi kemenangan dalam lawatan ke markas Juventus. Pada laga leg pertama perempat final Liga Champio...
​Lead Pertama Lawan Madrid, Buffon Takut Kebobolan
Sport
Kiper veteran Juventus Gianluigi 'Gigi' Buffon mengaku khawatir tidak bisa menjaga kesucian gawang Juventus kala menghadapi Rea...