Hubungi

(021) 660 39 00

hanya Rp. 75,000 per bulan

Persiapan Asian Games, INASGOC Fokus Tiga Kegiatan

12 Des. 2017, 18.03.17

Persiapan Asian Games, INASGOC Fokus Tiga Kegiatan

Jakarta, sentananews.com

Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) akan memfokuskan tiga kegiatan persiapan pelaksanaan Asian Games mulai Januari 2018.

"Sejumlah kegiatan penting harus kami siapkan pada 2018, antara lain layanan pertandingan, upacara pembukaan-penutupan, dan pengikatan arena pertandingan," kata Ketua INASGOC Erick Thohir dalam Laporan Perkembangan Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta, Senin malam.

Perwakilan Dewan Olimpiade Asia (OCA), menurut Erick, melakukan pertemuan mingguan dengan pengurus cabang-cabang olahraga guna mengantisipasi persoalan yang mungkin muncul ketika penyelenggaraan pertandingan Asian Games.

"Pengurus cabang olahraga juga akan bertanggung jawab ketika ada hal-hal yang kurang dalam pelaksanaan pertandingan nantinya karena saat ini sudah ada pertemuan rutin dengan perwakilan OCA," papar Erick.

INASGOC, lanjut Erick, juga akan menggelar pertemuan dwi mingguan mulai Januari 2018 terkait persiapan upacara pembukaan dan penutupan.

"Kami sudah punya konsep dan rencana kegiatan dan sudah disetujui dalam rapat kabinet di Istana Bogor. Tapi, upacara pembukaan-penutupan itu akan diumumkan nanti oleh Presiden," katanya.

INASGOC memperkirakan anggaran untuk pembukaan dan penutupan Asian Games ke-18 mencapai US$ 40-50 juta atau separuh dari anggaran upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade Rio 2016.

Pihaknya menargetkan penyerapan anggaran persiapan pelaksanaan pesta multi cabang olahraga tingkat Asia itu mencapai 95 persen dari dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 sebesar Rp 2 triliun.

"Penyerapan anggaran hingga awal Desember 2017 mencapai 70 persen. Kami berharap penyerapan mencapai 95 persen pada akhir Desember," kata Erick.

INASGOC, lanjut Erick, menyepakati sejumlah mata anggaran yang bersifat lintas tahun (multi-year) seperti persiapan upacara pembukaan dan penutupan, penyediaan sarana teknologi informasi, dan penyiaran.

Pihaknya menargetkan penyerapan anggaran persiapan pelaksanaan pesta multicabang olahraga tingkat Asia itu mencapai 95 persen dari dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 sebesar Rp2 triliun.

"Penyerapan anggaran hingga awal Desember 2017 mencapai 70 persen. Kami berharap penyerapan mencapai 95 persen pada akhir Desember," kata Erick.

INASGOC, lanjut Erick, menyepakati sejumlah mata anggaran yang bersifat lintas tahun (multi-year) seperti persiapan upacara pembukaan dan penutupan, penyediaan sarana teknologi informasi, dan penyiaran.

Sementara Sekretaris Jenderal INASGOC Eris Herryanto mengatakan, sejumlah kontrak pengikatan arena pertandingan sudah dilakukan, antara lain untuk penyediaan Pusat Penyiaran Internasional (IBC) dan Media Center dengan membayar uang muka kepada pengelola Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

"Kami harus melakukan pengikatan pesanan agar arena-arena yang akan kami pakai tidak disewakan kepada pihak lain," kata Eris tentang pemesanan arena Jakarta International Expo Kemayoran dan sejumlah hotel di sekitar kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta.

Selain tiga hal itu, INASGOC juga masih berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri terkait pengurus visa yang terintegrasi dengan akreditasi Asian Games 2018.

"China sebagai negara tertutup saja memberlakukan sistem terpadu bagi setiap peserta. Tentu, kami mengharapkan pengurusan visa sebagaimana kebiasaan penyelenggaraan kejuaraan internasional di negara lain," tutup Erick Thohir.

Editor: Firman


To add comments, you should login via Twitter or Facebook

Sign in via Twitter Sign in via Facebook

No comments yet.

Bang Iful dkk Raih Emas ke-31 Indonesia
Sport
Indonesia masih terus menumpulkan medali terbaik satu hari jelang penutupan Asian Games 2018. Cabang sepak takraw memastikan me...
Kodam Jaya Gelar Kejuaraan Menembak Piala Kemerdekaan RI Ke- 73
Sport
Kodam Jaya gelar Lomba Kejuaraan Menembak Piala Kemerdekaan Republik Indonesia ke -73 tahun 2018, yang dibuka oleh Pangdam Jaya...
‚ÄčSekda Kab.Bogor Buka Pameran Bursa Kerja 2018
Sport
Dalam rangka menekan jumlah pengangguran melalui peningkatan penempatan tenaga kerja, Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas ...
Jalin Silaturahim, Kabupaten Pasaman Sambangi Kabupaten Bogor
Sport
Pemerintah Kabupaten Bogor menerima kunjungan kerja atau studi banding dari Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkominda) Pemer...
Jonatan Christie Raih Emas ke 23 untuk Indonesia
Sport
Pebulutangkis tunggal putra Jonatan Christie berhasil menyumbang medali emas pertama Indonesia dari cabang bulutangkis Asian Ga...
Pengedar Narkoba Bermodus Ojek Online Diciduk Polisi
Sport
DIREKTORAT Narkoba Polda Metro Jaya berhasil menangkap pengedar narkoba Psikotropika jenis Happy five sebanyak 20 ribu Paket da...
Fajar/Rian dan Marcus/Kevin Pastikan Satu Emas di Bulutangkis
Sport
Dua pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo tela...
Pencak Silat Sapu Bersih 8 Medali Emas Hari Ini
Sport
Kontingen Indonesia dari cabang olahraga pencak silat tampil gemilang dan menyapu bersih 8 medali emas yang diperebutkan dalam ...
Silat Banjir Emas, Indonesia Lampaui Target
Sport
Pencak silat menambah tiga medali emas Asian Games 2018 dari nomor tarung. Kedua medali emas itu berasal dari Aji Bangkit Pamun...