Hubungi

(021) 660 39 00

hanya Rp. 75,000 per bulan

Swedia Lolos ke Perempat Final dalam 24 Tahun Terakhir

4 Juli 2018, 12.25.30

Swedia Lolos ke Perempat Final dalam 24 Tahun Terakhir

Saint Petersburg, Sentananews.com

Timnas Swedia mengalahkan Swiss 1-0 pada laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Saint-Petersburg, Rabu (3/7).

Sepanjang pertandingan, timnas Swiss tampil lebih mendominasi laga dengan memiliki 64 persen penguasaan bola.

Hal tersebut juga membuat timnas Swiss mampu mendominasi Swedia dalam hal peluang dengan menciptakan 18 peluang yang 4 di antaranya tepat sasaran.

Sementara timnas Swedia yang lebih banyak berada di bawah tekanan hanya mampu melepaskan 12 tembakan dengan 3 shots on target.

Timnas Swiss pun menjadi tim pertama yang mampu mengancam gawang lawan di laga ini.

Peluang pertama didapat melalui sepakan Xherdan Shaqiri pada menit pertama yang arahnya masih melenceng dan percobaan dari Steven Zuber pada menit ke-7 masih mampu diamankan kiper Swedia, Robin Olsen.

Baru setelah itu, Swedia mampu memberi ancaman melalui sepakan Marcus Berg dan Albin Ekdal pada menit ke-8 yang arahnya masih melenceng.

Peluang terbaik timnas Swedia pada babak pertama berhasil didapat melalui Marcus Berg pada menit ke-28, tetapi masih berhasil dijangkau oleh kiper Swiss, Yann Sommer, secara gemilang.

Sementara peluang terbaik timnas Swiss didapat melalui Blerim Dzemaili pada menit ke-38, tetapi sepakannya masih sedikit melayang di atas mistar gawang Swedia.

Minimnya peluang tepat sasaran dari kedua tim di babak pertama membuat skor imbang tanpa gol bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, kondisinya tidak banyak berubah. Timnas Swiss tetap menguasai laga dan memiliki peluang lebih banyak.

Namun, timnas Swedia yang mampu beberapa kali mengancam gawang Swiss melalui peluang dari Ola Toivonen dan dan Emil Forsberg yang masih belum berbuah hasil karena melenceng dan diblok pertahanan Swiss.

Baru pada menit ke-66, Emil Forsberg sukses membawa Swedia unggul lewat sepakan mendatarya dari luar kotak penalti yang sukses mengecoh Yann Sommer karena bola berbelok arahnya setelah mengenai kaki bek Manuel Akanji.

Kondisi ini membuat timnas Swiss melakukan beberapa pergantian untuk mempertajam lini serang dengan memasukan dua penyerang baru, Breel Embolo dan Haris Seferovic.

Beberapa peluang untuk menyamakan kedudukan pun sempat didapat melalui Ricardo Rodriguez, Xherdan Shaqiri, Granit Xhaka, Johan Djourou, Michael Lang, dan Breel Embolo yang masih belum mampu meruntuhkan pertahanan Swedia.

Peluang terbaik timnas Swiss untuk membalas tercipta pada menit ke-90+1 melalui tandukan Haris Seferovic, tetapi bola masih mampu diamankan Robin Olsen secara gemilang.

Jelang laga berakhir, timnas Swedia hampir mendapat penalti setelah Martin Olsson dijatuhkan Michael Lang dalam situasi satu lawan satu.

Wasit Damir Skomina sempat menunjuk titik putih tanda terjadinya penalti, tetapi dibatalkan setelah melihat tayangan ulang melalui video assistant referee (VAR) dan hanya membuahkan tendangan bebas.

Ola Toivonen yang dipercaya untuk mengeksekusi tendangan bebas tersebut gagal menaklukan Yann Sommer dan membuat skor 1-0 untuk kemenangan Swedia bertahan hingga akhir laga.

Kemenangan ini membuat timnas Swedia untuk kali pertama sukses melangkah ke perempat final setelah terakhir kali mampu melakukannya pada Piala Dunia 1994.

Sementara bagi timnas Swiss, hasil ini membuat mereka gagal melangkah lebih jauh dari babak 16 besar setelah terakhir kali mampu melakukannya pada Piala Dunia 1954.

Susunan pemain:

Swedia: 1-Robin Olsen, 4-Andreas Granqvist, 3-Victor Lindelof, 6-Ludwig Augustinsson, 2-Mikael Lustig (16-Emil Kraft 82'), 8-Albin Ekdal, 13-Gustav Svensson, 10-Emil Forsberg (5-Martin Olsson 82'), 17-Viktor Claesson, 20-Ola Toivonen, 9-Marcus Berg (22-Isaac Thelin 90')

Swiss: 1-Yann Sommer, 5-Manuel Akanji, 20-Johan Djourou, 13-Ricardo Rodríguez, 6-Michael Lang, 15-Blerim Dzemaili (9-Haris Seferovic 73'), 10-Granit Xhaka, 11-Valon Behrami, 14-Steven Zuber (7-Breel Embolo 73'), 23-Xherdan Shaqiri, 19-Josip Drmić.

Editor: Firman


To add comments, you should login via Twitter or Facebook

Sign in via Twitter Sign in via Facebook

No comments yet.

​Timnas Indonesia U-23 akan Menjalani TC Tahap Akhir di Bali
Sport
PELATIH Timnas Indonesia U-23 Luis Milla memanggil 24 pemain untuk menjalani pemusatan latihan (TC) tahap akhir jelang Asian Ga...
Hajar Kroasia 4-2, Prancis Juara Piala Dunia 2018
Sport
Prancis kembali menjadi juara Piala Dunia setelah 20 tahun. Tim berjuluk Les Bleus itu mematahkan perlawanan Kroasia dengan sko...
Gebuk Inggris, Belgia Raih Peringkat Tiga Piala Dunia 2018
Sport
Timnas Belgia akhirnya meraih peringkat ketiga di Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Inggris 2-0 di Stadion Saint Petersburg,...
Kalahkan Myanmar 4-3,  Malaysia Juara AFF U-19
Sport
Malaysia U-19 keluar sebagai juara AFF U-19 2018 setelah mengalahkan Myanmar. Harimau muda Malaya sukses angkat trofi setelah m...
​Asian Games Makin Dekat, Presiden Kembali Tinjau Kawasan GBK
Sport
SETELAH menghadiri upacara Hari Bhayangkara ke-72 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu pagi, 11 Juli 2018, Presiden Joko Widodo dan...
Karena Pergerakan Liar Perisic, Inggris Terhempas
Sport
Winger Ivan Perisic pantas merebut predikat Man of The Match saat Kroasia mengalahkan Inggris 2-1 pada semifinal Piala Dunia 20...
Kroasia ke Final Piala Dunia 2018 Lewat Perpanjangan Waktu
Sport
Kroasia memastikan diri maju ke laga puncak seusai mengandaskan Inggris 2-1 dalam laga semifinal di Stadion Luzhniki, Rabu (11/...
 Berkat Sentuhan Deschamps, Prancis ke Final Piala Dunia
Sport
Kapten Prancis, Hugo Lloris, menilai sang pelatih, Didier Deschamps, layak mendapat banyak pujian karena berkat sentuhannya tim...
INASGOC dan SEIN Umumkan Pembawa Obor Asian Games 2018
Sport
Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) dan Samsung Electronics Indonesia (SEIN) mengumumkan secara resmi pembawa obor Asi...